IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI

Authors

  • Fathor Rozi Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Faizatul Widat Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo
  • Eka Efandari Universitas Nurul Jadid Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.380

Keywords:

Teaching Model, Picture and Picture, Early Childhood Learning Outcomes

Abstract

This study aims to analyze and study the implementation of the picture and picture learning model in improving early childhood learning outcomes. This is done to assist teachers in implementing learning so that early childhood learning outcomes can increase. Researchers used a qualitative approach to the type of case study. This research was conducted at RA Uswatun Hasanah institute. The results showed that RA Uswatun Hasanah school had used the picture and picture learning model in improving the learning outcomes of their students. The implementation of picture and picture learning is carried out in several stages, namely; the first stage is preparation, the second stage is implementation, the third stage is evaluation. Implementation achieved by using the picture and picture method, students are more interested and enthusiastic about participating in learning so that children's learning outcomes increase.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadiyanto. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si ( Kotak Huruf Edukasi ) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014.” Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan 6, no. 2 (2016): 980–93.

Derila, Herlie Magda. “Implementasi Teknik Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Musim Kemarau Kelas I Sd Alam Ar Rohmah Malang,” 2017.

Diana, Ayu Rohmatin. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Anak Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Flash Di Tk B Al-Madina Semarang Tahun 2012/2013,” 2013.

Dyah Indraswati, Prihma Sinta Utami, Nursaptini, Deni Sutisna, Setiani Novitasari. “Guru, Persepsi Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd) Tentang Profesi.” JDPP?: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2019): 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111.

Eci Sriwahyuni, Nofialdi. “Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 4, no. 1 (2016): 44–62. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010.

Erlinawati, Khairuddin, Nyak Amir. “Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Melalui Media Gambar Pada Subtema Kesiapsiagaan Gempa Bumi Untuk Ketuntasan Hasil Pembelajaran Anak Tk Nurul Iman Lhokseumawe.” Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA) 3, no. 4 (2016): 134–41.

Eva Oktaviana, Chrisnaji Banindra Yudha, Maria Ulfa. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Di Kelas Iv Sdn Kalisari 03 Jakarta Timur,” 2018.

Faridah, S. “Interview,” 2020.

Febe Fenny Irawati Wanggai, Maksimilianus Doi. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dan Think-Pair-Share Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi.” Jurnal Pendidikan Bahasa 8, no. 2 (2019): 294–308.

Fika, Yubariku, Sri Martini Meilanie, and Lara Fridani. “Peningkatan Kemampuan Bicara Anak Melalui Bermain Peran Berbasis Budaya.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2020): 50–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229.

Firdausiah. “Interview,” 2020.

Griha, Indra, Tofik Isa, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, and Kota Sukabumi. “Game Edukasi Sejarah Gerakan Kemuhammadiyahan Dengan Metode Picture and Picture Berbasis Android.” Jurnal Buana Informatika 08, no. 03 (2017): 171–80.

Hakim, Aceng Lukmanul. “Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Potensi Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar Di Kabupaten Dan Kota Tangerang.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 17, no. 01 (2011): 109–22.

Himami, Ruhil. “Intrview,” 2020.

Husniatun. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1. A Sdn 03/Ix Senaung.” Jurnal Lirerasiologi 3, no. 2 (2020): 69–81.

I Kadek Satria Arsana, Andi Y. Katili, Sulasmi. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” JDPP?: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 8, no. 3 (2020): 153–62.

Mila Puspita, Putu, and I Ketut Gading. “Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk Laboratorium Undiksha Singaraja.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 1, no. 3 (2018): 234–43. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i3.16457.

Moh Fauziddin, Diana Mayasari. “Pemanfaatan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 02, no. 01 (2018): 264–74.

Ni Komang Sri Malini, Ni Ketut Suarni, I Made Suara. “Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2013): 1–9. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/1078.

Rasmuin, Siti Suwaibatul Islamiyah. “Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compocition (CIRC) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2020): 171–82.

Risa Pahlewi, H. M. Nasirun, Norman Syam. “Meningkatkan Hasil Belajar Sains Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Proses Pelarutan Pada Anak Kelompok B5 Paud Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Potensia 1, no. 2 (2016): 92–99.

Sani Antika Rahmasari, Peduk Rintayati, Siti Wahyuningsih. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Anak Kelompok A Di Tk Angkasa Lanud Adi Soemarmo.” Jurnal Kumara Cendekia 7, no. 3 (2019): 314–23.

Suparman. “Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra 4, no. 2 (2017): 121–37.

Tutupary, R. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan 01, no. 02 (2017): 148–68.

Watini, Sri. “Implementasi Model Pembelajaran Sentra Pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019): 110–23. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190.

Wiyati. “Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 7, no. 1 (2018): 88–95.

Yuliastanti, Dini. “Penerapan Model Pembelajaran Picture Anad Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Disekolah Dasar.” JPGSD 02, no. 02 (2014): 1–10.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Rozi, F., Widat, F., & Efandari, E. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 127–142. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.380

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)