REVITALISASI PEMBERDAYAAN BUDAYA KARAKTER NUANSA RELIGIUSTIK DALAM MEMBENTUK PERILAKU PEKERTI SANTRI

Authors

  • Innani Kholidatul Jannah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Fathor Rozi Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.334

Keywords:

Character, Religious, Morality

Abstract

Abstarct: This writing aims to present a religious planting in shaping santri-like behavior. In shaping the character behavior of students, cultivation is very necessary. This research uses a qualitative approach with a type of case study. The results showed that the existence of a religious activity structure at the pesantren, such as the tahajjut prayer, dhuha prayer, fardhu prayer in congregation, and many other activities. By getting used to these activities, it becomes a shield (medicine) for every santri in forming a santri-like behavior.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, Saeful, and Muhammad Sidiq Jaelani, ‘ISLAMIC SCHOOL CULTURE DAN UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIOUS DI SMP ISLAMIC QON GRESIK’, 2018, 551–560
Baharun, Hasan, and Zulfaizah, ‘Revitalisasi Pendidikan Agama Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah’, ELEMENTARY, 6.1 (2018), 43–62
Bahri, Saiful, ‘IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI KRISIS MORAL DI SEKOLAH’, TA’ALLUM, 3.1 (2015), 57–76
Candra, Pasmah, Nelly Marhayati, and Wahyu, ‘PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL HASANAH BENGKULU’, 11.1 (2020), 111–132
Chusnul Muali, ‘RASIONALITAS KONSEPSI BUDAYA NUSANTARA DALAM MENGGAGAS PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA MULTIKULTURAL’, Jurnal Islam Nusantara, 1.1 (2017), 105–117
Dahlan, Muhtar Zaini, ‘INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER’, FALASIFA, 7.1 (2016), 155–172
Dulkiah, Moh, and Muhammad Dachlan, ‘MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER SANTRI DI PESANTREN PERSIS 67 BENDA TASIKMALAYA JAWA BARAT’, Jurnal Al-Qalam, 24.1 (2018), 177–188
Fathoni, Tamrin, ‘PESANTREN DAN PENANAMAN SIKAP ANTI KORUPSI’, AL-MANHAJ; Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 1.1 (2019), 26–42
Fitriyah, Lailatul, and Erfi Fitri Wahyuni, ‘HANDLING SPIRITUALISM SEBAGAI KONTROL DIRI PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN’, Jurnal Islam Nusantara, 4.1 (2020), 1–16
H. Abdul Rahman, ‘PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN ISLAM - TINJAUAN EPISTEMOLOGI DAN ISI - MATERI’, JURNAL EKSIS, 8.1 (2012), 2053–2059
Khaliq, Abd, ‘PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KITAB AYYUHAL WALAD; KONSTRUKSI PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI’, Al-Ibrah, 2.1 (2017), 89–112
Listrianti, Feriska, and Fitriana, ‘PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL-GHAZALI DALAM MENGATASI RATIONAL HEDONISM DI MTS NEGERI 1 PROBOLINGGO’, RISALAH Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6.1 (2020), 100–116
Mahmudah, Hasan Baharun and, ‘KONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH BERBASIS PESANTREN’, Jurnal MUDARRISUNA, 8.1 (2018), 149–173
Makmun, H.A. Rodli, ‘PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN PESANTREN?: Studi Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern Di Kabupaten Ponorogo’, Cendekia, 12.2 (2014), 212–237
Manan, Syaepul, ‘PEMBINAAN AKHLAK MULIA MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN’, Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15.1 (2017), 49–65
Marzuki, and Pratiwi Istifany Haq, ‘PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN KARAKTER KEBANGSAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL FALAH JATINANGOR SUMEDANG’, Jurnal Pendidikan Karakter, VIII.1 (2018), 84–94
Muali, Chusnul, Ayyul Fariqoini, and Azizatul Widad, Pembelajaran Konstruktif (Pustaka Nurja, 2019)
Muali, Chusnul, and Putri Naily Rohmatika, ‘KAJIAN REFLEKSI TEORI PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBELAJARAN AGAMA PERSPEKTIF ALBERT BANDURA’, FIKROTUNA; Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9.1 (2019), 1032–1052
Mubarok, Ahmad Zakky, ‘Model Pendekatan Pendidikan Karakter Di Pesantren Terpadu’, Ta’dibuna, 8.1 (2019), 134–145
Mumtahanah, Nurotun, ‘PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME SANTRI’, AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 5.1 (2015), 55–70
Mundiri, Akmal, and Irma Zahra, ‘CORAK REPRESENTASI IDENTITAS USTADZ DALAM PROSES TRANSMISI PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN’, 2005, 21–35
Nofiaturrahmah, Fifi, ‘METODE PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN’, Pendidikan Agama Islam, XI.1 (2014), 201–216
Setyawati, and Zakiyah, ‘PELATIHAN PENCEGAHAN MEROSOTNYA MORAL SANTRI MELALUI BELAJAR SEKSUALITAS DENGAN KAJIAN KITAB KUNING DAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI PONDOK PESANTREN ROMLAH ASSOMADIYAH KECAMATAN CILONGOK’, ISLAMADINA, XVII.2 (2016), 21–30
Suhardi, Didik, ‘PERAN SMP BERBASIS PESANTREN SEBAGAI UPAYA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA GENERASI BANGSA’, Jurnal Pendidikan Karakter, II.3 (2012), 316–328
Supardi, Didi, Abdul Ghofar, and Mahbub Nuryadien, ‘KONSEP PENDIDIKAN MORAL IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA’, JURNAL AL TARBAWI AL HADITSAH, 1.2, 1–9
Ulum, Miftachul, ‘PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN’, EVALUASI, 2.2 (2018), 382–397

Downloads

Published

2021-03-03

How to Cite

Jannah, I. K., & Rozi, F. (2021). REVITALISASI PEMBERDAYAAN BUDAYA KARAKTER NUANSA RELIGIUSTIK DALAM MEMBENTUK PERILAKU PEKERTI SANTRI. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 17–34. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.334

Issue

Section

Artikel