PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.433Keywords:
Serial Picture Media, Children's Expressive LanguageAbstract
This study aims to analyze and examine the application of serial image media to improve expressive language skills of early childhood. The research method used is a descriptive qualitative approach with case studies in class A1 and A2 Kindergarten Al Falah, Kraksaan, Probolinggo. The data collection instruments in this study used direct observation, field notes, and interview notes to support the completeness of the data. The data analysis technique was carried out with the stages of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion of research results. The results obtained are serial image media can train children in conveying ideas in good and correct sentence structures. Meanwhile, the implication of the research shows that by utilizing the media of picture series, the improvement of expressive language skills of students in grades A1 and A2 requires a lot of stimulation and opportunities to practice.
Downloads
References
Amri, Nur Alim. “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar.” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 1, no. 2 (2017): 105–10.
Aprinawati, Iis. “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017): 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.
Fadlan, Achmad, and Dodi Harianto. “Efektivitas Metode Bercerita Dalam Perkembangan Bahasa Anak.” Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2019): 195–206. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.87.
Faizin, Khoirul. “PERMAINAN ABC 5 DASAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB.” Murobbi; Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2020): 43–56.
Fatih, Galang Putra El. “Siswa Kelas A2 TK Al Falah.” In Wawancara, 1, 2021.
Fitriyani, Fitriyani, Mohamad Syarif Sumantri, and Asep Supena. “Language Development and Social Emotions in Children with Speech Delay: Case Study of 9 Year Olds in Elementary School.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 7, no. 1 (2019): 23. https://doi.org/10.29210/130600.
Ghazali, Ahmad Al. “Siswa Kelas A1 TK Al Falah.” In Wawancara, 1, 2021.
Golden, Deborah, Ora Aviezer, and Yair Ziv. “Modern Pedagogy, Local Concerns: The Junkyard on the Kibbutz Kindergarten.” Paedagogica Historica 54, no. 3 (2018): 355–70. https://doi.org/10.1080/00309230.2017.1345956.
Handayani, Ni Nyoman Lisna. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Bahasa Dan Kemampuan Dasar Kognitif Anak Kelompok B Tk Negeri Pembina Rendang.” Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2020): 47–58.
Hartanto, Fitri, Hendriani Selina, Zuhriah H, and Saldi Fitra. “Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun.” Sari Pediatri 12, no. 6 (2016): 386. https://doi.org/10.14238/sp12.6.2011.386-90.
Holis, Ade. “Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 9, no. 1 (2016): 23–37. https://doi.org/10.1142/9789812773678_0145.
Ismuningsih, and Imam Mawardi. “EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM PAUD 2013 DENGAN TEKNIK CIPPO DI RA FAIRUZ AQILA DAN TKIT UKHUWAH ISLAMIYAH.” In Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya, 194–208, 2013.
Isna, Aisyah. “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Al Athfal 2, no. 2 (2019): 62–69.
Israwati, Rosmiati, Julia Putri, and Irma Yana L. “Penerapan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Pada Kelompok B TK Permata Bunda Banda Aceh.” Serambi Konstruktivitas 1, no. 2 (2019): 64–70.
Iswadi, Asnan, and Imam Mawardi. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekpresif Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Kartu Gambar.” In Proceeding of The URECOL, 20–26, 2021.
Jafar, Farny Sytriany dan Malpaleni Satriana. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI.” Jurnal Psikologi Talenta 4, no. 1 (2018): 1–9.
Kenano?lu, Dilan, and Munise Duran. “The Effect of Traditional Games on the Language Development of Pre-School Children in Pre-School Education.” Asian Journal of Education and Training 7, no. 1 (2021): 74–81. https://doi.org/10.20448/journal.522.2021.71.74.81.
Larasari, Prilla Ayu, Ishak G. Bachtiar, and Indra Jaya. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Dengan Autisme Melalui Media Lotto Bergambar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus 9, no. 1 (2021): 105–12.
Mahmud, Lida Holida, Mia Perlina, and Djasminar Anwar. “Recounting?: Effort To Improve Language Intelligence in Early Childhood.” In Prosiding Senantias, 1:953–62, 2020.
Maufur, Syibli, and Susi Lisnawati. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4, no. 2 (2017): 189. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888.
Nida, Mardhiya Sela, Ismatul Khasanah, and Mila Karmila. “Stimulasi Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Snow Pada Gadget.” In Seminar Nasional PAUD 2019, 74–78, n.d.
Nur Tanfidiyah, and Ferdian Utama. “Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, no. 3 (2019): 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02.
Oppong Frimpong, Samuel. “The Influence of Perception on the Provision of Early Childhood Education in the Kumasi Metropolis of Ghana.” African Educational Research Journal 9, no. 1 (2021): 179–88. https://doi.org/10.30918/aerj.91.20.142.
Primayana, Kadek Hengki. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya 1 (2019): 321–28.
Salfera, Novi. “Eksplanasi Dengan Menggunakan Media.” Pendidikan Indonesia 3, no. 2 (2017): 32–43.
Sari, Fitria, and Putri Riyandini. “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Dengan Metode Bercerita Melalui Gambar Seri Di Kelompok B3 Tk: Studi Literatur.” Journal of Vocational Education and Information Technology 1, no. 1 (2020): 1–6.
Sari, Meliana. “Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak I, no. 2 (2018): 37–46.
Sinaga, Reflina, and Ester Julinda Simarmata. “Media Gambar Terhadap Diskalkulia Di Sekolah.” Jurnal Tunas Bangsa 7, no. 2 (2020): 219–34.
Sudibjo, Niko, and Lia Ratna Sagita Tondok. “Metode Book Talk Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Ekspresif Verbal Pada Anak Usia 3-4 Tahun.” Jurnal Pendidikan 20, no. 2 (2019): 111. https://doi.org/10.33830/jp.v20i2.943.2019.
Sukrin. “TAHAPAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN KOGNITIF BERBAHASA ANAK USIA DINI (4-5 TAHUN).” Jurnal EL-Muhbib 5, no. 1 (2021): 45–53.
Tazkiyah, Zulfa. “Siswi Kelas A2 TK Al Falah.” In Wawancara, 1, 2021.
Unsi, Baiq Tuhfatul. “MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB.” 2014 2, no. 1 (n.d.): 26–44.
Wahid, Abd Hamid, Fathor Rozi, Hasan Baharun, Wiwin Hidayati, and Abdul Talib Bon. “Information Technology in the Development of Language Aspects of Early Childhood,” 2021.
Widat, Faizatul, and Eka Efanadari. “Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini.” Murobbi; Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2021): 128–42.
Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Agam Royana. “Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Magistra 11, no. 1 (2020): 1–21.
Yuniati, Sri, and Prima Suci Rohmadheny. “Bermain Peran: Sebuah Metode Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fathor Rozi, Zubaidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.