Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Visi dan Misi di SDI Nurul Qur’an Ploso Jombang

Authors

  • Zainur Arifin IAIBAFA
  • Lailatul Mufarichah IAIBAFA

DOI:

https://doi.org/10.52431/manajeria.v4i02.3882

Keywords:

Keywords/Kata Kunci: Kepemimpinan, Visi misi

Abstract

ABSTRAK

Kepala sekolah menjadi faktor dan pemeran utama dalam upaya menciptakan lembaga berkualitas melalui berbagai aspek yang dikelola dengan baik dan sejalan dengan visi dan misi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan visi dan misi di sekolah dan untuk menetahui tujuan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan visi dan misi di sekolah. Jenis penelitian ini dalam adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan seorang kepala sekolah sangat mempengaruhi terhadap peningkatan visi dan misi lembaga tersebut. Melalui berbagai langkah dan inovasi inovasi yang diciptakan dalam kepemimpinannnya, pemenuhan kebutuhan serta segala pelayanan, kepala sekolah mampu meningkatkan visi dan misi sehingga mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Visi misi

 

ABSTRACT

The principal plays a key role in creating a quality institution through various aspects that are well-managed and aligned with the school's vision and mission. The purpose of this study is to examine the principal's leadership process in enhancing the school's vision and mission and to determine the principal's leadership objectives in enhancing the vision and mission. This study is a descriptive qualitative study. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques included data condensation, data presentation, and conclusion drawing. Source triangulation, method triangulation, and time triangulation were used to verify data validity. The results show that a principal's leadership significantly influences the improvement of the institution's vision and mission. Through various steps and innovations created through leadership, fulfilling needs, and providing all services, the principal is able to enhance the vision and mission, thereby achieving shared goals effectively and efficiently.Keywords: Leadership, Principal, Vision and Mission

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-09

How to Cite

Arifin, Z. ., & Mufarichah, L. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Visi dan Misi di SDI Nurul Qur’an Ploso Jombang. Manajeria: Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan, 4(02), 153–163. https://doi.org/10.52431/manajeria.v4i02.3882

Most read articles by the same author(s)