Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Al Mardliyah Tambakberas Jombang

Authors

  • Hamba Allah Jurnal
  • Zainur Arifin IAIBAFA
  • Muhammad Khoiri STAI Darul Hikmah Tulungagung

Keywords:

Manajemen Perubahan, Perkembangan Kurikulum

Abstract

ABSTRAK

Manajemen perubahan adalah proses sistematis dalam penerapan pengetahuan, sarana, dan sumber daya untuk mempengaruhi perubahan pada orang-orang yang terkena dampaknya. Sebagaimana kurikulum yang harus bersifat dinamis demi terwujudnya Pendidikan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen perubahan pada madrasah diniyah dan cara peningkatan pengembangan kurikulum di Pondok Pesantren Al Mardliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan objek manajemen perubahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi metode dan sumber, ketekunan pengamatan, dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen perubahan melibatkan penerapan pengetahuan, sarana, dan sumber daya. Penerapan pengetahuan mencakup perencanaan, pengarahan, dan komunikasi manajemen perubahan. Penerapan sarana mencakup pendataan, pemeriksaan ulang, dan sanksi bagi pelanggaran. Penerapan sumber daya mencakup pembentukan kelas pasca, pemilihan calon guru, dan pembuatan batasan kurikulum. Kegiatan manajemen perubahan di dalam kelas meliputi pemberian materi baca kitab, waktu setoran, dan tanya jawab tentang fiqh, nahwu, dan shorof. Kegiatan di luar kelas mencakup lomba batsul masail, pemilihan delegasi, dan pelaksanaan lomba setahun sekali.

Kata Kunci: Manajemen Perubahan, Perkembangan Kurikulum

 

ABSTRACT

Change management is the systematic process of applying knowledge, tools, and resources to influence change in the people affected by it. As the curriculum must be dynamic in order to realize quality education. The aim of this research is to determine change management strategies at Islamic boarding schools and ways to improve curriculum development at the Al Mardliyah Islamic Boarding School. This research uses a qualitative phenomenological approach with the object of change management. Data collection was carried out through interviews, observation, and documentation, and analyzed through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data was tested by triangulating methods and sources, diligent observation, and informant review. The research results show that implementing change management involves the application of knowledge, tools and resources. Application of knowledge includes planning, directing, and communicating change management. Implementation of facilities includes data collection, re-examination, and sanctions for violations. The application of resources includes the formation of postclasses, the selection of teacher candidates, and the creation of curriculum boundaries. Change management activities in the classroom include providing book reading material, deposit time, and questions and answers about fiqh, nahwu, and shorof. Activities outside the classroom include batsul masail competitions, delegate selection, and holding competitions once a year.Keywords: Change Management, Curriculum Development

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Hamba Allah, Arifin, Z. ., & Khoiri, M. . (2024). Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Al Mardliyah Tambakberas Jombang. Manajeria: Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan, 3(01), 13–29. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Manajeria/article/view/2909

Issue

Section

Articles