Pendidikan Enterpreneurship dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Peserta Didik SMP Bina Karya Surabaya (Studi Kasus di SMP Bina Karya Surabaya)
Keywords:
Pendidikan Enterpreneurship, Minat WirausahaAbstract
ABSTRAK
Kewirausahaan berkaitan dengan kemandirian, untuk itu sekolah adalah tempat yang sempurna untuk mengajarkan kewirausahaan. Siswa akan menjadi siswa yang mandiri dan tidak tergantung pada orang lain untuk menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan kewirausahaan terhadap peningkatan minat wirausaha peserta didik di SMP Bina Karya Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dengan siswa, guru, dan praktisi kewirausahaan, observasi kegiatan, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan di SMP Bina Karya Surabaya memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat wirausaha siswa. Siswa yang terlibat dalam program kewirausahaan menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep bisnis, kemampuan berpikir kreatif, dan sikap percaya diri untuk memulai usaha. Metode pengajaran yang interaktif, seperti simulasi bisnis, proyek kewirausahaan, dan studi lapangan, terbukti efektif dalam memotivasi siswa. Selain itu, dukungan dari lingkungan sekolah, termasuk bimbingan dari guru dan kolaborasi dengan praktisi industri, juga berperan penting dalam menumbuhkan minat wirausaha. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan program kewirausahaan yang komprehensif dan relevan dapat menumbuhkan semangat wirausaha di kalangan siswa. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah-sekolah lain mengadopsi dan menyesuaikan kurikulum kewirausahaan untuk menciptakan generasi muda yang lebih mandiri, kreatif, dan inovatif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan pendidikan dalam merancang program kewirausahaan yang efektif dan berkelanjutan.
Kata Kunci: Pendidikan Enterpreneurship dan Minat Wirausaha
ABSTRACT
Entrepreneurship is related to independence, therefore schools are the perfect place to teach entrepreneurship. Students will become independent students and not dependent on others to complete tasks. This study aims to analyze the impact of entrepreneurship education on increasing entrepreneurial interest in students at SMP Bina Karya Surabaya. This study uses a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques include interviews with students, teachers, and entrepreneurship practitioners, activity observations, and document analysis. The results of the study indicate that entrepreneurship education at SMP Bina Karya Surabaya has a significant positive influence on students' entrepreneurial interest. Students involved in the entrepreneurship program showed an increase in understanding business concepts, creative thinking skills, and self-confidence to start a business. Interactive teaching methods, such as business simulations, entrepreneurship projects, and field studies, have proven effective in motivating students. In addition, support from the school environment, including guidance from teachers and collaboration with industry practitioners, also plays an important role in fostering entrepreneurial interest. These findings indicate that the implementation of a comprehensive and relevant entrepreneurship program can foster an entrepreneurial spirit among students. Therefore, it is recommended that other schools adopt and adapt the entrepreneurship curriculum to create a more independent, creative, and innovative young generation. This research is expected to be a reference for educational policy makers in designing effective and sustainable entrepreneurship programs.
Keywords: Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Interest
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zainur Arifin, Muhammad Calvin Alfarisi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajeria have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.