PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DENGAN ADANYA PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI

Authors

  • anin khulul IAIBAFA
  • Zainur Arifin IAIBAFA

Keywords:

Kata Kunci: Pengelolaan, Perpustakaan, Kognitif

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa saat ini sangat sedikit orang mengunjungi perpustakaan. Oleh karena itu tugas orang tua adalah mendidik dan mengarahkan anak-anaknya sesuai talenta yang dimiliki. Karena pada anak usia dini penuh dengan rasa ingin tahu besar, mereka berhasrat menjadi seorang individu yang memiliki kemampuan memadai sesuai dengan taraf kedewasaannya.Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan pengelolaan perpustakaan yang ada di SD Muhammadyah 1 Ngawi, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan perpustakaan yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Ngawi, (3) Untuk mengetahui pengawasan pengelolaan perpustakaan yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dimana melihat dari penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalaman-pengalamannya. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi baik pasif maupun aktif, wawancara yang mendalan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (A) Perencanaan pengelolaan perpustakaan yang ada di SD Muhammadiyah 1 Ngawi sudah tergolong baik, dimana perencanaan program pengelolaan yang dilakukan setiap satu semester, juga melengkapi sarana dan prasarana, dan pembiayaan pengelolaan sangatlah aman. (B) Pelaksanaan pengelolaan perpustakaan di SD Muhammadiyah 1 Ngawi juga sangatlah baik, dimana pelaksanaan ini dibagi menjadi kunjungan wajib dan kunjungan tidak wajib. (C) Sedangkan pengawasannya juga berjalan lancar yang dilakukan setiap satu semester sekali, yang meliputi apasaja target yang telah dicapai, kendala apa saja yang bias diatasi, dan program apa saja yang perlu untuk ditingkatkan.

Kata Kunci: Pengelolaan, Perpustakaan, Kognitif

 

ABSTRACT

This research is motivated by the fact that currently very few people visit libraries. Therefore, the task of parents is to educate and direct their children according to their talents. Because young children are full of great curiosity, they desire to become individuals who have adequate abilities according to their level of maturity. The aims of this research are: (1) To find out the library management planning at SD Muhammadyah 1 Ngawi, (2) To find out the implementation of library management carried out at SD Muhammadiyah 1 Ngawi, (3) To find out the supervision of library management carried out at SD Muhammadiyah 1 Ngawi. To achieve the above objectives, a qualitative approach with a phenomenological approach is used, which looks at individual explanations and understanding of their experiences. The data collection methods used in this research are passive and active observation, in-depth interviews, and documentation. Meanwhile, data analysis uses the Miles and Huberman model technique, namely data reduction, data presentation, and data verification (drawing conclusions). The research results show that (A) The library management planning at SD Muhammadiyah 1 Ngawi is relatively good, where the management program planning is carried out every semester, also complete facilities and infrastructure, and management funding is very safe. (B) The implementation of library management at SD Muhammadiyah 1 Ngawi is also very good, where this implementation is divided into mandatory visits and non-compulsory visits. (C) Meanwhile, supervision also runs smoothly, which is carried out once every semester, covering what targets have been achieved, what obstacles can be overcome, and what programs need to be improved.

Keywords: Management, Library, Cognitive

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

khulul, anin, & Arifin, Z. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DENGAN ADANYA PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI. Manajeria: Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan, 2(1), 22–32. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Manajeria/article/view/1554

Issue

Section

Articles