OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.441Keywords:
Optimization, Character Education, Improving Learning Achievement, StudentsAbstract
Education is one of the factors that play an important role in order to be able to print the nation's next generation of quality and can make a positive contribution to the life of the nation because without a good education, the next generation of the nation will also not be of quality. best for their students. Character Education is considered to have been proven to be effectively able to increase the motivation of students in achieving learning achievement. Character education is education that is deliberately sought to build people to understand, care about, and act on the basis of ethical values.
Downloads
References
Achadiyah, Bety Nur. Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 9 Nomor 1, April 2012, 103.
Al Hasany. Azzah Zain, Al-Qur’an Puncak Selera Sastra (Surakarta: Zuyad Visi Media, 2007), 97.
Arifah, N. (2020). Manajemen Perubahan Dalam Mewujudkan Madrasah Berprestasi. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 57–70.
Aqib, Zainal. Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Karakter dan Kepribadian Anak, (Bandung: Yrama Widya, 2012), 31.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (Jakarta: Puskur, 2010), 15.
Jalal, Fasli. Kebijakan Nasional Pembangunan karakter Bangsa: Tiga Stream Pendekatan (Jakarta: Kemeniknas, 2010).
Kemendiknas, Kerangka Acuan Pendidikan Karakter (Jakarta: Kemendiknas) , 7-10.
Koesoema A, Doni. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Jakarta: Grasindo, 2007), Cet 1, 10.
Khatibah, MA, Jurnal Iqra’, Perpustakaan Sebagai Gudang Ilmu Pengetahuan dan Informasi, 2013, Vol 07 no 01.
Undang-undang Republik Indonesia No 17 Tahun 2007, tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2005-2025 (Jakarta: Sekretariat Negara, 2007).
Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa (Jakarta: Kemko Kesejahteraan Rakyat, 2010), 1.
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Sekretariat Negara, 2003), l6.
Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016) Cet 2, 5-7.
Rahmawati, Sri Utami. Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Sekolah Berbudaya Lingkungan Hidup (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2014), 13.
Rosidatun, Model Implementasi Pendidikan Karakter (Gresik: Caramedia Communication, 2018), 6.
Safitri, Novika Malinda. The Implementation Of Character Education hrough The School Culture At SMP N 14 Yogyakarta, dalam portal garuda, 5.
Saifullah, A. (2020). Mengembangkan Soft Skills Guru Untuk Mendidik Akhlak Mulia Siswa. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 285–300.
Sriwilujeng, Dyah. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan (Jakarta: Erlangga, 2017), 4.
Sudrajat, A. “Mengapa Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Karakter. Nomor I Tahun 2011, 47-58.
Sutarno, Perpustakaan dan Masyarakat (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003), 19-20.
Suyitno, Imam. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal, dalam portal garuda, 2.
Software, Syamilah, Kitab Uama Salaf Muakhirin, HR. Muslim, no 720
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), 2.
Zuchdi, Darmiyati. dkk, Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar, dalam portal garuda, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bashirotul Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.