STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM DI AFGHANISTAN

Authors

  • Mochammad Agus Rachmatulloh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Dewi Faridah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Nurul Hidayati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Choirotul Jannah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Royanis Ansory Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.52431/minhaj.v3i2.943

Keywords:

Islamic Family Law, Typology, Afghanistan

Abstract

Abstrak: Artikel ini menguraikan tentang perkembangan hukum keluarga Islam di negara Afghanistan  mulai dari mahar, perkawinan anak, poligami sampai perceraian, serta tipologi dalam pembaharuannya. Dalam praktik kehidupan berbagsa dan bernegara seiring dengan perkembangan zaman, tempat, waktu dan kondisi perkembangan dan pembaharuan hukum keluarga Islam selalu dibutuhkan, walaupun sebenarnya hukum keluarga Islam sendiri telah diatur dalam syari’at Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dokumen dan Fokus Grup Diskusi (FGD). Adapun rumusan masalah yaitu: Bagaimana perkembangan hukum keluarga Islam di Afghanistan? Bagaimana tipologi pembaharuan hukum keluarga Islam di Afghanistan? Adanya perkembangan hukum keluarga Islam terutama terkait  mahar, perkawinan anak, poligami dan perceraian. Tipologi pembaharuannya menggunakan tipe adaptif unifikasi madzhab dan progresif unifikasi yang berarti bahwa negara Afghanistan menyatukan hukum fiqh, hukum sipil dan madzhab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakry, Hasbullah. Pedoman Islam Di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia, 1990.

Huda, Miftahul. Hukum Keluarga (Potret Keragaman Perundang-Undangan Di Negara-Negara Muslim Modern). Malang: Setara Press, 2017.

___________ . “Ragam Bangunan Perundang-Undangan Hukum Keluarga Di Negara-Negara Muslim Modern (Kajian Tipologis)”. Al-Manahij Vol. XI No. 1, 2017.

Mudzhar, Atho’ dan Khairuddin Nasution, (ed.). Hukum Keluarga di Dunia Islam Modern, Studi Perbandingan UU Modern dari Kitab-kitab Fikih, Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Mulyana, Deddy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Nuruzade, Shahla. “Religious Views in Modern Azerbaijan”. Jurnal of Socialomics Vol. 5 Issue 4, 2016.

Rahmat, Pupu Saepul. “Penelitiam Kualitatif”, Equilibrium Vol. 5 No. 9, 2009.

Rachmatullah, Mochammad Agus dan Iva Nikmatul Khusna. “Tipologi Pembaharuan Hukum Keluarga Islam Di Ghana”. Al-Adillah: Jurnal Hukum Islam Vol. 1 No. 2, 2021.

Sugiono. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

Toisuta, Hasbollah. “Hukum Keluarga Di Afghanistan”. Jurnal Tahkim Vol. IX No. 1, 2013.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Rachmatulloh, M. A., Faridah, D., Hidayati, N., Jannah, C., & Ansory, R. (2022). STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM DI AFGHANISTAN. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 3(2), 106–119. https://doi.org/10.52431/minhaj.v3i2.943

Issue

Section

Articles