Pengaruh Customer Intimacy, Kualitas Produk & Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia

Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Cabang Tangerang Selatan

Authors

  • M. Rizki Hanif Hulu Universitas Sumatera Utara
  • Irsad Lubis Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.52431/minhaj.v6i1.3156

Keywords:

Customer Intimacy, Product Quality, Service Quality, Customer Loyalty

Abstract

This study aims to determine the effect of Customer Intimacy, Product Quality and Service on Customer Loyalty at Bank Syariah Indonesia in the South Tangerang area. This research uses descriptive quantitative method. The population of this research is the customers of Bank Syariah Indonesia who live in South Tangerang. The sample technique used is simple random sampling of 100 people. Data collection techniques using questionnaires were analyzed using simple linear regression, multiple, T test, F test, and the coefficient of determination. The results of this study indicate that: (1) There is no positive and significant effect of the customer intimacy variable on customer loyalty at Bank Syariah Indonesia in the South Tangerang area; (2) There is no positive and significant influence of product quality variables on customer loyalty of Bank Syariah Indonesia in the South Tangerang area; (3) There is a positive and significant influence of service quality variables on customer loyalty of Bank Syariah Indonesia in the South Tangerang area; (4) There is a positive and significant influence of customer intimacy, product quality, service quality on customer loyalty of Bank Syariah Indonesia in the South Tangerang area.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ghifari, M. Irza, dan Khusnuddin, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Indonesia,” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance 5, no. 2 (2022).

Aulia, Lalu Nizwan, dkk, “Pengaruh Kualitas Produk dan Customer Intimacy Terhadap Loyalitas Pelanggan (Kopi.Ind) di Kota Praya Lombok Tengah”, Jurnal Riset Pemasaran 2, no. 1 (2023).

Dewi, Ni Made Handika, dan Adityarini Abiyoga VS, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening,” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, dan Pariwisata 2, n0. 2 (2022).

Evandinnartha, Agra Nabilfavian, dkk, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Loyalitas Pasien: Literature Review,” Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) 6, no. 6 (2023).

Fauzi, Akhmad, dan Rusdi Hidayat Nugroho A, “Manajemen Kinerja,” Airlangga University Press, (2020).

Harcourt, Horsfall, dan Kenneth C. Adiele, “Customer Intimacy Adoption and Customer Retention: A Study of Bakery Firms in Rivers State of Nigeria,” International Journal of Social Sciences and Management Research 6, no. 2 (2020).

Herdian, Gina, dan Widyastuti, “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Nasabah Bank BTPN KCP Sepanjang,” BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen 6, no. 1 (2013).

Jerry Marcellinus Logahan and Yohana Tiara Eka Putri, “Pengaruh Komunikasi Pelayanan dan kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan di 7-Eleven Buaran,” Binus Business Riview 4, no. 2 (2013).

Mashadi, “Peningkatan Perhatian dan Hasil Belajar PKn Materi Budi Pekerti melalui Metode Pembelajaran Talking Stick (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas I Semester 2 SDN Ngiyono Tahun Pelajaran 2015/2016),” Jurnal Pendidikan Ilmiah 5, no. 3 (2019).

Mashuri, “Analisis Dimensi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Perspektif Islam,” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 9, no. 1 (2020).

Mundir, dkk, “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan, dan Kepercayaan pada Penggunaan Aplikasi Mobile Banking Terhadap Mahasiswa Sebagai Nasabah Bank Syariah di Universitas Yudharta Pasuruan,” JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam 2, no. 1 (2022).

Nurhidayati, Maulida, dan Novi Kurnia Cahyani, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna E-Channel pada Nasabah BSI KCP Ponorogo,” Journal of Islamic Banking and Finance 1, no. 2 (2021).

Onsardi, Destri Sonatasia, dan Ety Arini, “Strategi Meningkatkan Kualitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong,” Jurnal Manajemen Modal Insani & Bisnis, (2019).

Pane, Dewi Nurmasari, dkk, “Pengaruh Harga dan Kulitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan Sidempuan Medan,” Jurnal Manajemen Tools 9, no. 1 (2018).

Prabowo, Amar Shan Abitama, dan Mahfudz, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kualitas Informasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pelanggan CV. Lautan Mas Kota Semarang),” Diponegoro Journal of Management 10, no. 5 (2021).

Rahmawati, Reni, dkk, “Peran Manajer Keuangan dalam Menangani Konflik Keuangan dan Nilai-Nilai Syariah,” Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah 5, no. 2 (2024): 29-44

Saleleng, Nia C. M., dkk, “Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Pra Bayar Telkomsel,” Jurnal EMBA 2, no. 3 (2014).

Siska, dkk, “Pengaruh Customer Intimacy, Customer Experience, Customer Statisfaction, and Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia 23, no. 1 (2023).

Sukmayadi, “Kebijakan Penetapan Harga Pada Pt. Atrindo Asia Global Bandung,” Jurnal Ilmiah Manajemen 10, no. 2 (2019).

Susilowati, Dwi, “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran,” Edunomika 2, no. 1 (2018).

Suwardi, Gio Pilanditha, dkk, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah dalam Perbankan Syariah di Provinsi Lampung pada Tahun 2023,” Journal of Syariah Economic and Halal Tourism 2, no. 2 (2023).

Syakdiyah, Siti Halimatus, dan Moh. Romzi, “Strategi Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan SD Insan Terpadu Paiton Probolinggo dan Min 1 probolinggo Melalui Customer Intimacy,” Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 2 (2023).

Tampubolon, Manner, “Dinamika Kepemimpinan,” Skylandsea Profesional: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Teknologi 2, no. 1 (2022).

Tirtayasa, Satria, dkk, “Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen,” JIBM: Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen 5, no. 1 (2021).

Wahab, Wirdayani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Industri Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru,” Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam 2, no. 1 (2017).

Downloads

Published

2025-01-04

How to Cite

Hulu, M. R. H. ., & Lubis, I. (2025). Pengaruh Customer Intimacy, Kualitas Produk & Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia: Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Cabang Tangerang Selatan. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 6(1), 63–80. https://doi.org/10.52431/minhaj.v6i1.3156

Issue

Section

Articles