PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN MANFAAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.52431/minhaj.v4i1.1618Keywords:
Perceived Trust, Perceived Risk, Mobile BankingAbstract
Banking is one of the advanced information technologies that can be used to achieve high levels of customer service and new technologies that allow banking transactions via mobile phones. For bank customers, this application will support their transaction banking if they find it useful and easy to use. This study aims to examine the factors that influence the intention to use internet banking services. This research was conducted at the Sharia Banking Faculty of Islamic Economics and Business, Zainul Hasan Genggong Islamic University. Researchers received responses from 97 respondents who were students of Islamic banking study programs who had used internet banking. Data were analyzed using the method of literature study, with qualitative methods with analytical models and direct interviews to obtain information. The results of this model analysis show that the constructs of perceived benefits, perceived risks, and trust affect the intention to use internet banking. Although the perceived ease of use does not affect the intention to use the Internet Bank. This means that the intention to use internet banking is influenced by the construct of perceived benefits, perceived ease of use, and trust.
Downloads
References
Amijaya. 2010. “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking” (Studi Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.
Arfiani, Sekar. Pengaruh Persepsi Risiko Dan Persepsi Teknologi Informasi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Bri Syariah Kcp Ngawi). Diss. Iain Ponorogo, 2019.
Aidar,2018;Jogiyanto 2008). Davis (1989) persepsi kemanfaatan sebagai the degree to which a person believe that using a particular system would enhancehis or her job performance (jurnal manajemen and business.
Anwar,2018; Fahmi & Evanita,2019; Saputri:2018 dalam Larasati Dewi Hermawan, Kokom Komariah, & R. Deni Muhammad Danial, 2020.
Baridwan, Tjini. 2013. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Internet Banking.”
Farizi, Hadyan, And S. Syaefullah. "Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking." Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya Malang (2013).
Kim et al. (2007). Kim et al. (2007) meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu dalam melakukan pembelian online.
Laksana 2015; Wibiadila, 2016; Larasati Dewi Hermawan, Kokom Komariah, & R.Deni Muhammad Danial, 2020).H2:Persepsi Manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menggunakan syariah Mobile.
Mahardika, A. and Basuki, R. 2011. Factor Determining Acceptance Level of Internet Banking Implemantation. Journal of Economics, Business, and Acccountancy.
Dowling (1986), Arfiani, Sekar dkk. Pengaruh Persepsi Risiko Dan Persepsi Teknologi Informasi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Bri Syariah Kcp Ngawi). Diss. Iain Ponorogo, 2019.
Hutabarat (2010), Mobile banking adalah sebuah fasilitas perbankan
Mattila, 2003). dkk, Farizi, Hadyan, And S. Syaefullah. "Pengaruh Persepsi Minat Menggunakan Internet Banking." Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya Malang (2013).
Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank Bri Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (Jpensi), 3(2), 699-711.
Rahayu,2019) Dkk, pengaruh manfaat teknologi terhadap penggunaan mobile banking.
Safeena et al. (2009) dan penelitian yang dilakukan oleh Suh dan Han (" Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (Jpensi) 3.2 (2018): 699-711.
Tirtana, I., & Permata Sari, S. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking.
Tangke, 2004 dalam Wibowo, 2008). Mobile banking sebagai salah satu bentuk aplikasi sistem.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moh. Abd. Rahman, Nurul Fadila, Nuntupa Nuntupa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah bersifat akademik. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.