SISI LAIN JAMA’AH UMROH

antara Ibadah, Wisata Dan Belanja dalam prespektif Fenomena sosial

Authors

  • Salim Ashar Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/minhaj.v3i1.857

Keywords:

Jamaah Umroh, Ibadah, Wisata, Fenomena Sosial

Abstract

Agama sebagai fakta dan sejarah memiliki dimensi simbolik dan sosiologi sebagai struktur makna yang memiliki nilai abstrak tanpa memandang ruang dan waktu, umroh secara substansial memiliki nilai kemanusiaan seperti ajaran, perasaan, kewajiban menjaga jiwa, harta dan kehormatan orang lain, larangan menindas yang lemah, misalnya menanggalkan pakaian yang mereka pakai sehari-hari dan menggantinya dengan pakaian ihrom untuk menutup jurang pemisah antara si kaya dan si miskin. Itulah makna ajaran umroh untuk menyadari bahwa ia adalah makhluk sosial. Tulisan ini hanya sedikit tentang jemaah umrah untuk mengungkap sisi lain fenomena sosial dalam dimensi atribut rukun agama, status sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Irwan. Kontruksi dan Reproduksi kebudayaan, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2010)

Barker, Chris. Cultural Studies: Teori dan Praktek (Yogyarta, Kreasi Wacana: 2009)Cet 9 hlm. 304

Efendi, M. (2020). Berjiwa Enterpreneur Untuk Meraih Kesuksesan Dalam Pandangan Islam. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 1(2), 179–194.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/17/130500865/daftar-masa-tunggu-keberangkatan-haji-indonesia-provinsi-mana-yang-paling?page=all diakses tanggal 3 maret 2022

https://www.academia.edu/29802011/2014_Menjual_Simbol_Agama_UIN_Jakarta_ diakses tanggal 3 maret 2022

https://nasional.okezone.com/read/2021/10/18/337/2487785/5-kasus-penipuan-jamaah-umrah-paling-fenomenal-kerugian-capai-triliunan diakses tanggal 3 maret 2022

Ibrahim, Idi Subandy. Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia, (Yogyakarta dan bandung, Jalasutra dan Mizan: 2005).

Kahmad, Dadang. Metode Penelitian agama, Perspektif Ilmu Perbandingan Agama (Bandung, CV. Pustaka Setia: 2000)

Kawanpendi, Tren liburan sebagai indikasi meningkatnya daya beli kelas menengah (https://kawanpendi.com/ 05.05.2016.

Mas’udi, Masdar F. Keharusan meninjau Kembali Waktu Pelaksanaan Ibadah Haji, Harian Republika 6 dan 1 Oktober 2000.

Miftah, Zaini. (2016). Ibadah Umrah sebagai Gaya Hidup, Eksistensi Diri dan Komoditas Industri. CENDEKIA, 8(01)

Said, Imam Ghazali. Nampak tilas Perjalanan Haji Rasulullah SAW, Menelusuri Tempat, waktu Perintah, Larangan dan cara Haji Rasul dalam Haji Wada’. Surabaya, Diantama, 2005.

Sucipto, Kontekstualita, Vol 28, No 1. 2013.

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Ashar, S. (2022). SISI LAIN JAMA’AH UMROH: antara Ibadah, Wisata Dan Belanja dalam prespektif Fenomena sosial. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 3(1), 79–89. https://doi.org/10.52431/minhaj.v3i1.857

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)