Penggunaan Metode Cooperative Learning dengan Model Numbered Heads Together terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Ritra Ayu IAI Bani Fattah
  • Vivi Abrivani IAIBAFA

DOI:

https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i02.3991

Keywords:

Cooperative learning, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Metode

Abstract

ABSTRAK

Dalam konteks pembelajaran modern, guru dituntut tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator yang mendorong keaktifan, kreativitas, dan kolaborasi siswa. Salah satu model yang dinilai efektif untuk mencapai tujuan tersebut adalah Cooperative Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode Cooperative Learning dengan model Numbered Heads Together (NHT) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 di MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan fokus pada bagaimana penggunaan model NHT dilakukan di kelas serta faktor-faktor yang memengaruhi efektivitasnya, baik dari segi internal maupun eksternal. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan keaktifan siswa, memperkuat pemahaman materi, serta mendorong kerja sama dalam kelompok. Faktor internal yang berpengaruh meliputi minat dan motivasi belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, serta kesiapan mental siswa untuk belajar secara kelompok. Sedangkan faktor eksternal mencakup ketersediaan sarana pembelajaran, lingkungan kelas yang mendukung, dan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Disarankan agar guru terus mengembangkan strategi pembelajaran kooperatif sesuai karakteristik siswa guna menunjang peningkatan hasil belajar secara berkelanjutan.

Kata Kunci : Cooperative learning, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Metode

 

ABSTRACT

In the context of modern learning, teachers are required not only to deliver material but also to act as facilitators who encourage student activity, creativity, and collaboration. One model considered effective in achieving these goals is Cooperative Learning. This study aims to describe the use of the Cooperative Learning method with the Numbered Heads Together (NHT) model to improve learning outcomes among fifth-grade students at MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. The approach used was descriptive qualitative, focusing on how the NHT model is implemented in the classroom and the factors influencing its effectiveness, both internally and externally. Data collection was conducted through interviews, observation, and documentation. The results indicate that the implementation of the NHT model can increase student activity, strengthen understanding of the material, and encourage cooperation in groups. Internal factors include student interest and motivation in learning, teacher skills in managing learning, and students' mental readiness to learn in groups. External factors include the availability of learning resources, a supportive classroom environment, and parental involvement in the educational process. These findings indicate that the NHT learning model is effective in creating an active and enjoyable learning atmosphere. It is recommended that teachers continue to develop cooperative learning strategies tailored to student characteristics to support continuous improvement in learning outcomes.

Keywords: Cooperative learning, Numbered Heads Together, Learning Outcomes, Method

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-09

How to Cite

Ayu, R., & Abrivani, V. . (2025). Penggunaan Metode Cooperative Learning dengan Model Numbered Heads Together terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah . Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 4(02), 120–128. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i02.3991

Issue

Section

Articles