Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Segiempat Pada Siswa Pada Jenjang Ibtidaiyah
Keywords:
Metode kooperatif tipe jigsaw, alat peraga, pemahaman matematikaAbstract
ABSTRAK
Pembelajaran matematika yang menjadi momok setiap siswa sudah bukan hal baru, namun sudah menjadi perkara yang mendarah daging sejak dahulu kala bahwa matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat sulit dan menjadikan anak bosan karena kebanyakan menghafal rumus dan angka. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman materi segiempat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Huda Jombang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas, tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyeknya adalah siswa tersebut. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Validitas data diperiksa melalui ketelitian pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan alat peraga di kelas V MI Tarbiyatul Huda tahun ajaran 2023/2024 meningkatkan pemahaman siswa tentang segiempat. Nilai rata-rata kelas naik dari 66,63 pada siklus I menjadi 73,94 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa naik dari 63,15% menjadi 86,84%, dan pemahaman siswa dari 68,45% menjadi 75,80%. Observasi menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dan pengelolaan pembelajaran guru, dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 23,69%. Pembelajaran kooperatif memiliki keunggulan seperti saling ketergantungan positif, pengakuan perbedaan individu, keterlibatan siswa dalam perencanaan kelas, suasana menyenangkan, hubungan hangat antara siswa dan guru, serta kesempatan mengekspresikan emosi. Kelemahannya meliputi persiapan matang dari guru, dukungan fasilitas memadai, kecenderungan diskusi meluas, dan dominasi diskusi oleh satu siswa.
Kata kunci: Metode Kooperatif Tipe Jigsaw, Alat Peraga, Pemahaman Matematika. ABSTRACT
Learning mathematics, which is a problem for every student, is nothing new, but it has been an ingrained thing since time immemorial that mathematics is a very difficult subject and makes children bored because they mostly memorize formulas and numbers. For this reason, this research aims to evaluate the use of the jigsaw type cooperative learning method with teaching aids to improve understanding of quadrilateral material. This research was conducted on class V students at MI Tarbiyatul Huda Jombang in the 2023/2024 academic year. This research uses a qualitative approach with classroom action research, the stages include planning, implementation, observation and reflection. The subject is the student. Data collection techniques include observation, interviews, tests, field notes, and documentation. Data was analyzed quantitatively and qualitatively. The validity of the data is checked through careful observation, triangulation, and peer checking. The results of the research show that the application of the jigsaw type cooperative learning method with visual aids in class V MI Tarbiyatul Huda in the 2023/2024 academic year increases students' understanding of quadrilaterals. The average class score rose from 66.63 in cycle I to 73.94 in cycle II. The percentage of student learning completeness rose from 63.15% to 86.84%, and student understanding from 68.45% to 75.80%. Observations show an increase in student activity and teacher learning management, with an increase in student mathematics learning outcomes of 23.69%. Cooperative learning has advantages such as positive interdependence, recognition of individual differences, student involvement in class planning, a pleasant atmosphere, warm relationships between students and teachers, and opportunities to express emotions. Weaknesses include thorough preparation from the teacher, adequate facility support, a tendency for widespread discussions, and the dominance of discussions by one student.
Keywords: Jigsaw Type Cooperative Method, Teaching Aids, Mathematical Understanding