Pengembangan Modul Pembelajaran Fiqh Materi Ibadah Puasa Ramadhan Berbasis Problem Based Learing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Abstract
ABSTRAKKegiatan pembelajaran merupakan proses dimana peserta didik memperoleh pengetahuan dan pengalaman belajar, terlibat aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran bisa memberikan dampak yang baik terhadap perubahan individual setiap peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Reaserch and Developement (R&D) dari Borg and Gall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran Fiqih materi ibadah puasa Ramadhan yang layak dan praktis digunakan setelah validasi oleh para ahli dan uji respon peserta didikan dan dapat mengembangkan pola pikir mereka dalam memecahkan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di MI KH Sundusin Jombang kelas III yang berjumlah 17 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan pada penelitian ini adalah kevalidan produk melalui validasi oleh validator, keefektifan diperoleh melalui respon peserta didik terhadap modul pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai 88% dari ahli materi dengan kualifikasi sangat valid, dari ahli desain memperoleh nilai 78% dengan kualifikasi valid. Sedangkan hasil dari respon respon peserta didik dari angket sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan produk pengembangan memperoleh nilai 66,47%, sedangkan setelah menggunakan produk pengembangan memperoleh niali 90%. Berdasarkan hasil uji coba produk tersebut maka produk pengembangan mampu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci: Modul Fiqih, Problem Based Learning, Motivasi Belajar.
ABSTRACT
Learning activities are a process in which students gain knowledge and learning experience, the active involvement of students in the learning process can have a good impact on individual changes in each student. This research method uses the Research and Development (R&D) development procedure from Borg and Gall. The purpose of this study is to develop a Fiqh learning module for the material of Ramadan fasting worship that is feasible and practical to use after validation by experts and student response tests and can develop their mindset in solving problems. This research was conducted at MI KH Sundusin Jombang class III which consisted of 17 people. The data collection technique used in this study was product validity through validation by the validator, effectiveness was obtained through student responses to the learning module and learning outcomes. The results showed a value of 88% from material experts with very valid qualifications, from design experts obtained a value of 78% with valid qualifications. Meanwhile, the results of the responses of students from the questionnaire were 95% with very good. qualifications, and the learning outcomes of students before using the development product obtained a value of 66.47%, while after using the development product obtained a value of 90%. Based on the results of the product trial, the development product is able to increase student learning motivation.
Keywords: Fiqh Module, Problem Based Learning, Learning Motivation