Pengembangan Alat Praga Puzzle Materi Sunnah Hai’at Sholat untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i02.3983Keywords:
Puzzle Learning Tool, Sunah Hai'at Salat, Learning Motivation, Fiqh.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dan motivasi belajar siswa kelas IV MI Al-Anwar Cangkringrandu Perak Jombang terhadap materi sunah hai'at salat, terutama dengan metode pembelajaran ceramah. Padahal, pemahaman ini krusial sebagai dasar ibadah salat. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alat peraga puzzle materi sunah hai'at salat untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gallmeliputi tahapan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi, serta uji coba lapangan awal dan utama. Tahap awal menunjukkan bahwa siswa kesulitan menghafal dan memahami sunah hai'at salat. Produk puzzle divalidasi oleh ahli materi (89% - sangat baik) dan ahli desain (87,5% - sangat valid dengan revisi minor). Setelah revisi, uji coba lapangan awal pada MI Bahrul Ulum memperoleh nilai kelayakan 90% (sangat baik).Penerapan alat peraga puzzle pada uji coba lapangan utama di MI Al-Anwar Cangkringrandu Perak Jombang menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta didik. Pengukuran pemahaman dan motivasi belajar dilakukan melalui pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa secara signifikan, dari 61,5% sebelum penggunaan puzzle menjadi 81,5% setelah diterapkan. Hal ini mengindikasikan bahwa alat peraga puzzle efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi sunah hai'at salat. Diharapkan, pengembangan media ini dapat menjadi solusi kreatif bagi pendidik untuk menciptakan pembelajaran fikih yang lebih menarik dan mudah dipahami.
Kata Kunci: Alat Peraga Puzzle, Sunah Hai'at Salat, Motivasi Belajar, Fikih.
ABSTRACT
This research is motivated by the lack of understanding and motivation of fourth grade students of MI Al-Anwar Cangkringrandu Perak Jombang regarding the material of sunnah hai'at prayer, especially with the lecture learning method. In fact, this understanding is crucial as the basis of prayer worship. The purpose of this research is to develop a puzzle teaching aid for the sunnah hai'at prayer material to improve students' motivation and understanding of learning. This research uses a research and development (R&D) method using the Borg and Gall development model including the stages of data collection, planning, product development, expert validation, revision, and initial and main field trials. The initial stage shows that students have difficulty memorizing and understanding the sunnah hai'at prayer. The puzzle product was validated by material experts (89% - very good) and design experts (87.5% - very valid with minor revisions). After revision, the initial field trial at MI Bahrul Ulum obtained a feasibility score of 90% (very good). The application of the puzzle teaching aid in the main field trial at MI Al-Anwar Cangkringrandu Perak Jombang showed high enthusiasm from students. Learning comprehension and motivation were measured using pre- and post-tests. The results showed a significant increase in students' average scores, from 61.5% before the puzzle was used to 81.5% after its implementation. This indicates that the puzzle teaching aid is effective in increasing students' motivation and understanding of the Sunnah of prayer. It is hoped that the development of this media can provide a creative solution for educators to create more engaging and understandable Islamic jurisprudence (fiqh) lessons.
Keywords: Puzzle Teaching Aid, Sunnah of Prayer, Learning Motivation, Islamic Jurisprudence