Penggunaan Metode Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Miftahul Huda Ngantang Malang
Keywords:
Media Pembelajaran TGT, Minat Belajar Siswa, Aqidah AkhlakAbstract
ABSTRACT
Learning is a process and activity that is always done and experienced by humans. Therefore, it is appropriate that learning becomes a fun activity through various method modifications. This study aims to determine (1) how to use TGT learning media to increase learning interest in MI Miftahul Huda? (2) what are the obstacles to the use and supporting factors of TGT learning media to increase learning interest in MI Miftahul Huda Thematic in the use of TGT learning media in MI Miftahul Huda. The method used in this study uses a descriptive qualitative research type. The method used for data collection uses: (1) observation, (2) interviews, (3) documentation. Information is determined through purposive sampling. data reduction. Data presentation, data verification. While checking the validity of the data uses diligent observation and triangulation. The results of this study indicate that, (1) the use of TGT learning media in Thematic subjects in increasing students' learning interest in MI Miftahul Huda includes: not every Thematic lesson uses TGT learning media only on the material. (2) constraints on the use and supporting factors of TGT learning media: student conditions, student intelligence, and media or facilities available at school. While supporting factors are the creativity of an educator, media and easy to understand. (3) review of thematic learning interests of students at MI Miftahul Huda including frequency of attendance, completeness of notes, courage to ask/active in discussions and grades obtained by students at MI Miftahul Huda.
Keywords: TGT Learning Media, Student Learning Interests and Aqidah Akhlak
ABSTRAK
Belajar adalah suatu proses dan aktivitas yang selalu dilakukan dan dialami manusia. Untuk itu sudah sepatutnya belajar menjadi aktifitas yang menyenangkan melalui berbagai modifikasi metode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penggunaan media pembelajaran TGT untuk meningkatkan minat belajar di MI Miftahul Huda? (2) apa saja kendala penggunaan dan factor pendukung media pembelajaran TGT untuk meningkatkan minat belajar di MI Miftahul Huda Tematik dalam pengggunaan media pembelajaran TGT di MI Miftahul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan: (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Informasi di tentukan melalui purposive sampling. reduksi data. Penyajian data, verivikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) penggunaan media pembelajaran TGT pada mata pelajaran Tematik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MI Miftahul Huda diantaranya adalah: tidak setiap pelajaran a Tematik menggunakan media pembelajaran TGT hanya pada materi saja. (2) kendala penggunaan dan factor pendukung media pembelajaran TGT : kondisi peserta didik, kecerdasan peserta didik, dan media atau sarana yang tersedia di sekolah. Sedangkan faktor pendukung kreativitas seorang pendidik, media dan mudah dipahami. (3) tinjauan minat belajar tematik peserta didik di MI Miftahul Huda di antaranya adalah frekuensi kehadiran, kelengkapan catatan, keberanian bertanya/aktif dalam diskusi dan nilai yang diperoleh peserta didik di MI Miftahul Huda
Kata Kunci: Media Pembelajaran TGT, Minat Belajar Siswa dan Aqidah Akhlak