EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING (PEMBELAJARAN TERBALIK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BACAAN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADLATUL FALLAH

Authors

  • Fitrotin Hasanah Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Maudi'ir Rahmah Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i2.2293

Keywords:

METODE RECIPROCAL TEACHING, PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap suatu teks bacaan, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode reciprocal teaching (reverse learning) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiiyah Riyadlatul Fallah. Madrasah Ibtidaiyah Riyadlatul Fallah dijadikan sebagai tempat penelitian karena diketahui banyak siswa yang kesulitan memahami suatu bacaan atau teks dalam pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebelum pertemuan pertama (I) yaitu sebesar 57,2% dan peningkatan dengan penerapan metode reciprocal teaching (reverse learning) pada pertemuan pertama (I) yaitu sebesar 63,2% dan pada pertemuan II (II) penerapan metode reciprocal teaching (reverse learning) sebesar 71,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reciprocal teaching ( reverse learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami teks bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Terbalik. Kemampuan Siswa

 

ABSTRACT

This study aims to determine students’  understanding of a reading text, student activities, and student learning outcome using the reciprocal teaching method (reverse learning) in Indonesian subjects at Madrasah Ibtidaiiyah Riyadlatul Fallah. Madrasah Ibtidaiyah Riyadlatul Fallah was used as a place of research because it was known that many students had difficulty understanding a reading or teks in Indonesian lessons. This type of research with a descriptive approach. Data collection techniques, interviews, and documentation. The instruments in this study were observation sheets and interview sheets. Data analysis uses an interactive model which includes data reduction, data presentation, verification and conclusion drawing. The results showed that there was an increase in student learning outcomes, namely before the first meeting (I) which was 57,2% and an  increase with the application of the reciprocal teaching method (reverse learning) at the first meeting (I) which was 63,2% and at the second meeting (II) the application of the method of reciprocal teaching (reverse learning) is 71,3%. Bassed on these results, it can be concluded that the application of the reciprocal teaching method ( reverse learning) can improve student learning outcomes in understanding a reading text in Indonesian subjects.

Keywords : Learning Effectiveness, Reciprocal Teaching Method (Reverse Learning), Student Understanding

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Hasanah, F., & Rahmah, M. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING (PEMBELAJARAN TERBALIK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BACAAN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADLATUL FALLAH. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 2(2), 80–85. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i2.2293

Issue

Section

Articles