Kemahiran Berbicara Bahasa Arab melalui Penciptaan Lingkungan Bahasa
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v3i1.42Keywords:
Speaking, Skills, Arabic Language EnvironmentAbstract
Conversational skills is one of the skills to be achieved in the teaching of modern languages ??including Arabic. Talking is the primary means to build mutual understanding and mutual communication by using language as a medium. One of the factors that influence and determine the success of the learning process is the environment, not to mention the language environment. Quality language environment is something very important to the success of someone who is learning a second language, in this case Arabic. Bi’ah Arabiyyah is an environment where every activity is done with colored or Arabic. This method is very helpful in learning a foreign language because the students will apply and practice the language they have learned with no feeling nervous or embarrassed. Forming ability to speak Arabic and then enhance these capabilities is not easy, as the native language and the Arabic language has a lot of difference in terms of both linguistic and nonlinguistic. Training is needed to support the ability to speak Arabic. The exercises can be performed with the maximum if the language has created a conducive environment.
Downloads
References
Chaer, Abdul. Psikososiolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.
Hamid, M. Abdul dkk. Pembelajaran Bahasa Arab; Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Yogyakarta: Sukses Offset, 2008.
Hamid, M. Abdul. Mengukur kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2009.
Kholid, Idham. Penelitian mandiri tentang pengaruh lingkungan bahasa terhadap hasil pembelajaran bahasa Inggris pada MAN Model Bandar Lampung. diterbitkan online, Bandar Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, 2006.
Machmudah, Umi dan Abdul Wahab Rosyidi. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2008.
Mujib, Fathul. Rekontruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi, 2010.
Muna, Wa. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Sukses Offset, 2011.
Mustofa, Saiful. Strategi Pembelajaran Inovatif. Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Rosyidi, Abdul Wahab. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press, 2009.
Rosyidi, Abdul. Wahab dan Rosyidi Mamlu’atun Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2012.
Wahab, Muhbib Abdul. Epistimologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2008.
Wahyuni, Esa Nur. Motivasi Dalam Pembelajaran. Malang: UIN Malang Press, 2009.
Wassid, Iskandar dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2009.
????? ????. 2009.?????? ??????? ??????? ?????? ?? ?????? ???????. ??????: ????? ?? ??? ?????? ???? ??????? ????????? ?????????
??? ????. 2011. ?????? ?????? ??????? ???????? ???? ???? ???? ???. ??????: ????? ?? ??? ?????? ???? ??????? ????????? ?????????
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.