Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Minat Tahfidzul Qur'an

Authors

  • Nur Arifah IAIBAFA
  • Iin Dewi Nurwana IAIBAFA

Keywords:

Manajemen Peserta Didik, Tahfidzul Qur'an

Abstract

ABSTRAK

Tahfidzul Qur’an merupakan salah satu upaya menjaga dan melestarikan Al-Qur’an sejak dini melalui program kegiatan di madrasah. Program tersebut berkaitan dengan Manajemen Peserta Didik sebagai upaya mengembangkan minat Tahfidzul Qur’an pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Manajemen Peserta Didik di MTs Ilmu Al-Qur’an Mojokrapak Jombang (2) Penerapan Program Tahfidzul Qur’an di MTs Ilmu Al-Qur’an Mojokrapak Jombang (3) Pengembangan Minat Tahfidzul Qur’an di MTs Ilmu Al-Quran Mojokrapak Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan: (1) Observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan Kredibilitas, transferabilitas, dependebilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) manajemen peserta didik di MTs Ilmu Al-Qur’an Mojokrapak Jombang mencakup: perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi program kegiatan siswa di madrasah di dasarkan pada penerapan konsep manajemen berbasis Al-Qur’an. (2) penerapan program tahfidzul qur’an di MTs Ilmu Al-Qur’an Mojokrapak Jombang sudah sangat baik dalam menerapkan program tahfidz. mencakup penetapan program, menentukan indikator keberhasilan program, menentukan penanggung jawab, menentukan jadwal kegiatan dan alokasi waktu, menetukan metode, dan model penilaian. (3) pengembangan minat tahfidzul qur’an di MTs Ilmu Al-Qur’an Mojokrapak Jombang mencakup: potensi diri dan motivasi. Adapaun Potensi diri Melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis Al-Qur’an maka minat anak akan berkembang, kemudian motivasi yang didukung oleh faktor internal dan eksternal.

Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, TahfidzulQur’an

 

ABSTRACT

Tahfidzul Qur'an is one of the efforts to maintain and preserve the Qur'an from an early age through activity programs in madrasahs. This program is related to Student Management as an effort to develop Interest in Tahfidzul Qur'an. This study aims to determine (1) Student Management at MTs Ilmu Al-Qur'an Mojokrapak Jombang (2) Implementation of the Tahfidzul Qur'an Program at MTs Ilmu Al-Qur'an Mojokrapak Jombang (3) Development of Interest in Tahfidzul Qur'an at MTs Ilmu Al-Quran Mojokrapak Jombang. The method used in this study uses a qualitative method with a descriptive approach. The method used for data collection uses: (1) Observation, (2) interviews, (3) documentation. While checking the validity of the data uses Credibility, transferability, dependability, and confirmability. The results of this study indicate that (1) student management at MTs Ilmu Al-Qur'an Mojokrapak Jombang includes: planning, implementation, and evaluation of student activity programs at the madrasah based on the application of the concept of management based on the Qur'an. (2) the implementation of the tahfidzul qur'an program at MTs Ilmu Al-Qur'an Mojokrapak Jombang has been very good in implementing the tahfidz program. includes determining the program, determining indicators of program success, determining the person in charge, determining the activity schedule and time allocation, determining methods, and assessment models. (3) the development of interest in tahfidzul qur'an at MTs Ilmu Al-Qur'an Mojokrapak Jombang includes: self-potential and motivation. Self-potential Through extracurricular activities based on the Qur'an, children's interests will develop, then motivation supported by internal and external factors.

Keywords: Student Management, Tahfidzul Qur'an

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Arifah, N., & Nurwana, I. D. (2025). Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Minat Tahfidzul Qur’an. Manajeria: Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan, 4(01), 1–17. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Manajeria/article/view/3447

Issue

Section

Articles