Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kurikulum K-13 di MTs Al-Manar Nganjuk

Authors

  • Nur Arifah IAIBAFA
  • Fajrul Falah Alwi Mualifah Iaibafa
  • Halimatus Sa’dyah IAIBAFA

Keywords:

kurikulum, pendidikan karakter

Abstract

ABSTRAK

Pentingnya Pendidikan dalam Pembentukan karakter yang kuat merupakan tujuan utama pendidikan yang mendukung pembangunan masyarakat yang harmonis. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter peserta didik melalui implementasi manajemen kurikulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Setelah memperoleh perolehan data kemudian dianalisis maka dapat ditemukan makna yang berkaitan dengan pengelolaan kurikulum serta pelaksanaan kurikulum didalam meningkatkan karakter di MTs Al-Manar prambon. Dalam tahap pengolahan data, peneliti melakukan observasi, mengumpulkan data, menganalisis data dan melaporkan hasil pengamatan yang diperoleh atau dilakukan peneliti strategi penelitian, untuk menganalisi secara empiris yang dapat mengungkap suatu gejala dalam kehidupan nyata. Tempat penelitian adalah MTs Al-Manar Prambon. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di MTs Al-Manar memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan karakter peserta didik. Melalui pendekatan yang kooperatif, komprehensif, setematik dan sistemik dalam perencanaan kurikulum, madrasah ini berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan karakter yang kuat, yang penting untuk kesuksesan akademis dan kehidupan sosial yang harmonis. Implementasi program pendidikan karakter yang efektif memerlukan kerjasama antara sekolah, keluarga, dan komunitas, serta pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan untuk memastikan pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik.

Kata Kunci : Karakter Peserta Didik, Manajemen Kurikulum, Kurikulum K-13

 

ABSTRACT

The Importance of Education in Forming strong character is the main goal of education that supports the development of a harmonious society. For this reason, this research aims to determine the character of students through the implementation of curriculum management. The method used in this research is qualitative method. After obtaining the data and then analyzing it, meaning can be found related to curriculum management and curriculum implementation in improving character at MTs Al-Manar Prambon. In the data processing stage, researchers make observations, collect data, analyze data and report the results of observations obtained or carried out by researchers using research strategies, to analyze empirically which can reveal a symptom in real life. The research location is MTs Al-Manar Prambon. Data collection methods through interviews, observation and documentation. The results of the research show that character education at MTs Al-Manar has a significant impact on the character development of students. Through a cooperative, comprehensive, thematic and systemic approach in curriculum planning, this madrasa has succeeded in creating an educational environment that supports the development of strong character, which is important for academic success and a harmonious social life. Implementing an effective character education program requires collaboration between schools, families and communities, as well as a systematic and sustainable approach to ensure better achievement of educational goals. Keyword : Student Character, Curriculum Management, Curriculum K-13

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Arifah, N., Falah Alwi Mualifah, F. ., & Sa’dyah, H. . (2024). Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kurikulum K-13 di MTs Al-Manar Nganjuk. Manajeria: Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan, 3(01), 30–44. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Manajeria/article/view/3044

Issue

Section

Articles