Penerapan Media Amplop Bergambar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa BTQ Tilawati IV di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Intan Nadiroh IAIBAFA
  • Ilmi Aisyah Mafa IAIBAFA

DOI:

https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i02.4005

Keywords:

Media Amplop Bergambar, Kreativitas Siswa, BTQ Tilawati IV

Abstract

ABSTRAK

Guru memiliki peran penting dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang menarik. Salah satu inovasi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah media amplop bergambar, yaitu amplop berisi gambar dan materi yang dirancang untuk membantu siswa memahami pelajaran secara lebih mudah, meningkatkan daya ingat, serta mengasah kreativitas mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media amplop bergambar terhadap kreativitas siswa, untuk mengetahui kreativitas siswa dalam pembelajaran BTQ Tilawati IV dengan penggunaan media amplop bergambar di MI Kreatif Khoiriyah dan untuk mengetahui seperti apa bentuk pembelajaran BTQ Tilawati IV dengan menggunakan media amplop bergambar di MI Kreatif Khoiriyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK(penelitian tindakan kelas). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, soal tes. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas BTQ Tilawati IV MI Kreatif Khoiriyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat dilihat dari rata-rata yang di ambil dari hasil data siklus I observasi guru mendapatkan hasil  68,7% , observasi siswa 66,29% , hasil nilai LKS 42,5% dan hasil nilai test akhir 60%. Lalu mengalami peningkatan pada siklus II yang dapat dilihat dari observasi guru mendapatkan hasil 89,6% , observasi siswa 89,13% , hasil nilai LKS 85% , hasil nilai test akhir 90% . Di padukan dengan hasil wawancara dan catatan lapangan mengalami perbaikan dan respon semakin membaik disetiap siklusnya oleh karena itu guru dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran BTQ Tilawati IV dengan penerapan media amplop bergambar.

Kata Kunci: Media Amplop Bergambar, Kreativitas Siswa, BTQ Tilawati IV

 

ABSTRACT

Teachers have an important role in creating interesting learning innovations. One of the innovations applied in this study is the illustrated envelope media, which is an envelope containing images and materials designed to help students understand lessons more easily, improve memory, and hone their creativity. The purpose of this study was to determine the application of illustrated envelope media to student creativity, to determine student creativity in learning BTQ Tilawati IV with the use of illustrated envelope media at MI Kreatif Khoiriyah and to find out what form of learning BTQ Tilawati IV using illustrated envelope media at MI Kreatif Khoiriyah. This study is a type of PTK (classroom action research) research. Data collection instruments used were observation, interviews, field notes, test questions. The subjects in the study were students of class BTQ Tilawati IV MI Kreatif Khoiriyah. The results of this study indicate that it can be seen from the average taken from the results of the first cycle data, teacher observations obtained results of 68.7%, student observations 66.29%, LKS scores 42.5% and final test scores 60%. Then there was an increase in cycle II which can be seen from the teacher's observation getting a result of 89.6%, student observation 89.13%, LKS score results 85%, final test score results 90%. Combined with the results of interviews and field notes there were improvements and responses were getting better in each cycle therefore teachers can increase student creativity in learning BTQ Tilawati IV by applying illustrated envelope media.

Keywords: Illustrated Envelope Media, Student Creativity, BTQ Tilawati IV

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-09

How to Cite

Nadiroh, I. ., & Mafa, I. A. . (2025). Penerapan Media Amplop Bergambar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa BTQ Tilawati IV di Madrasah Ibtidaiyah. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 4(02), 106–112. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i02.4005

Issue

Section

Articles