Penerapan Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Pada Tingkat Pendidikan Dasar
Keywords:
Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar, Al-Qur'an HadistAbstract
ABSTRAK
Pelajaran Agama, termasuk mata pelajaran al Qur’an Hadis seringkali menjadi materi pelajaran yang dianggap membosankan. Untuk itu dalam proses pembelajaran, penggunaan metode yang variative tentu sangat dibutuhkan sebagai bentuk afirmasi terhadap ketertarikan peserta didik pada materi pelajaran. Sebagaimana penggunaan metode Everyone Is A Teacher Here. Metode EIAH merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan peran aktif semua peserta didik dalam proses pembelajaran, di mana mereka saling bertukar pengetahuan dan pengalaman untuk mencapai pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan metode pembelajaran "Everyone Is A Teacher Here" (EIAH) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di kelas II di MI Muhammadiyah Tembelang Jombang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II di MI Muhammadiyah Tembelang Jombang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode EIAH berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist. Skor rata-rata tes peserta didik meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Observasi juga menunjukkan peningkatan dalam partisipasi aktif peserta didik selama pembelajaran. Selain itu, tanggapan positif juga terlihat dari hasil angket yang menunjukkan bahwa peserta didik merasa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran EIAH efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di kelas II di MI Muhammadiyah Tembelang Jombang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadist.
Kata Kunci: Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar, Al-Qur'an Hadist
ABSTRACT
Religious studies, including the Qur'an Hadith, are often considered boring subject matter. For this in the learning process, the use of varied methods is certainly needed as a form of affirmation of students' interest in the subject matter. Like using the Everyone Is A Teacher Here method. The EIAH method is a learning approach that involves the active role of all students in the learning process, where they exchange knowledge and experience to achieve a better understanding. This research aims to investigate the application of the "Everyone Is A Teacher Here" (EIAH) learning method in improving student learning outcomes in the Al-Qur'an Hadith subject in class II at MI Muhammadiyah Tembelang Jombang. This research uses a classroom action research (PTK) design with two cycles. The research subjects were class II students at MI Muhammadiyah Tembelang Jombang. The instruments used to collect data are tests, observations and questionnaires. Data were analyzed using quantitative descriptive analysis techniques. The research results showed that the application of the EIAH method was successful in improving student learning outcomes in the Al-Qur'an Hadith subject. The average test score of students increased from cycle 1 to cycle 2. Observations also showed an increase in students' active participation during learning. Apart from that, positive responses were also seen from the results of the questionnaire which showed that students felt more motivated and actively involved in the learning process. Thus, it can be concluded that the application of the EIAH learning method is effective in improving student learning outcomes in the Al-Qur'an Hadith subject in class II at MI Muhammadiyah Tembelang Jombang. This research provides an important contribution in developing learning methods that can increase students' participation and understanding in learning Al-Qur'an Hadith.
Keywords : Everyone Is A Teacher Here, Learning Results, Al-Qur'an Hadist