Pengembangan Bahan Ajar Kitab Alala Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III MI
Keywords:
bahan ajar, kontekstual, motivasi belajarAbstract
ABSTRAK
Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu dari beberapa aspek terkait peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui bahan ajar kitab Alala berbasis kontekstual yang valid dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini ada dua yaitu kevalidan, diperoleh melalui validasi oleh validator; keefektifan, diperoleh melalui respon siswa terhadap bahan ajar dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kevalidan dari ahli materi 98% dengan kualifikasi sangat valid dan dari ahli desain 74% dengan kualifikasi valid. Keefektifan bahan ajar dari respon siswa melalui angket sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil belajar siswa sebelum penerapan produk pengembangan diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,8% sedangkan setelah penerapan produk pengembangan diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,4%. Dengan demikian, terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya produk pengembangan bahan ajar kitab Alala berbasis kontekstual.
Kata Kunci: bahan ajar, kontekstual, motivasi belajar
ABSTRACT
The development of teaching materials is one of several aspects related to improving the quality of education in Indonesia. This research is development research aimed at increasing students' learning motivation through valid and effective contextual-based Alala book teaching materials. This research uses research and development methods or in English Research and Development (R&D). This research was conducted using the Borg and Gall development model. The subjects of this research were class III students at MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. There are two data collection techniques used in this research, namely validity, obtained through validation by a validator; effectiveness, obtained through student responses to teaching materials and learning outcomes. The research results show that the validity value from material experts is 98% with very valid qualifications and from design experts 74% with valid qualifications. The effectiveness of teaching materials from student responses through questionnaires was 95% with very good qualifications and student learning outcomes before the application of the development product obtained an average value of 74.8%, while after application of the development product an average value was obtained of 81.4%. Thus, there is an increase in student learning motivation after the implementation of contextual-based Alala book teaching material development products.
Keywords: teaching materials, contextual, learning motivation