Penerapan Model Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Pada Tingkat Madrasah Ibtida’
Keywords:
Brain Based Learning, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Pembelajaran matematika yang diberikan guru menggunakan metode ceramah membuat antusias peserta didik kurang aktif dan kurang tertarik dalam pembelajaran. Hal itu bisa dilihat dari rendahnya pencapaian hasil belajar peserta didik melalui nilai ulangan dibawah KKM. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melibatkan keaktifan peserta didik melalui model brain based learning, sehingga proses pembelajaran peserta didik menjadi semakin bermakna dan menajamkan daya ingat peserta didik. Lokasi penelitian ini adalah MI Al-Ihsan Kalikejambon. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mempunyai tahapan dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan lembar tes. Data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V- B MI Al-Ihsan Kalikejambon tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 38 peserta didik. Hasil pengamatan dengan menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning dalam pembelajaran matematika menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 81,25% meningkat menjadi 92.5% pada siklus II. Rata-rata aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 82.57% meningkat menjadi 93.73% pada siklus II , dan ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68,42% meningkat menjadi 84.21%. Jadi penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V-B MI Al-Ihsan Kalikejambon dengan menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning.
Kata kunci : Model Brain Based Learning, Materi Bangun Ruang, Hasil Belajar Matematika
ABSTRACK
Mathematics learning given by teachers using the lecture method makes students less active and less interested in learning. This can be seen from the low achievement of student learning outcomes through test scores below the KKM. Therefore, this research aims to involve students' activity through a brain-based learning model, so that the students' learning process becomes more meaningful and sharpens students' memory. This research is classroom action research which has stages of planning, action implementation, observation, evaluation and reflection. The instruments used in this research were teacher activity observation sheets, student activity observation sheets and test sheets. The data in this research was obtained using observation methods and test methods. This research was conducted on students in class V-B MI Al-Ihsan Kalikejambon for the 2022/2023 academic year with a total of 38 students. The results of observations by applying the Brain Based Learning learning model in mathematics learning show that the average teacher activity in cycle I was 81.25%, increasing to 92.5% in cycle II. The average activity of students in cycle I was 82.57%, increasing to 93.73% in cycle II, and classical completeness of student learning outcomes in cycle I was 68.42%, increasing to 84.21%. So this research shows that there is an increase in the activities and mathematics learning outcomes of class V-B students at MI Al-Ihsan Kalikejambon by implementing the Brain Based Learning learning model.
Keywords: Brain Based Learning Model, Space Building Material, Mathematics Learning Results