Respon Siswa Terhadap Penggunaan Metode Jembatan Keledai Untuk Menghafal Rumus Bangun Datar
Abstract
ABSTRAK
Menghafal rumus merupakan salah satu faktor yang menjadi hambatan peserta didik dalam memahami mata pelajaran matematika. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode jembatan keledai untuk menghafalkan rumus bangun datar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Jombang. Pedoman skor menggunakan skala likert. Responden penelitian ini berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap penggunaan metode jembatan keledai mendapatkan presentase rata – rata sebesar 63,11111% dengan kategori sangat baik. Artinya siswa meinuijuikkan reispon cuikuip baik teirhadapt treiatmeint yang dibeirikan. Deingan bantuian meitode jeimbatan keileidai siswa meirasa teirbantui dalam proseis meinghafal ruimuis yang muidah. Hanya meinghafalkan satui kata siswa langsuing meingingat ruimuis banguin datar. Seilain itui siswa meirasa leibih ceipat meinguiasai mateiri dan dapat meinguilang keimbali ruimuis yang suidah dihafalkan. Hal teirseibuit dapat meimbeirikan seimangat dan meimotivasi siswa dalam beilajar mateimatika
Kata kunci: respon siswa, metode jembatan keledai, rumus bangun datar.
ABSTRACT:
Memorizing formulas is one of the factors that hinders students in understanding mathematics subjects. Therefore
This research aims to determine students' responses to the use of the donkey bridge method to memorize flat shape formulas. The approach used in this research is a quantitative approach. The data collection techniques used were interviews, questionnaires and documentation. The subjects of this research were class IV students of MIN 2 Jombang. Score guidelines use a Likert scale. The research results were obtained based on the results of the student response questionnaire regarding the use of the donkey bridge method, getting an average percentage of 63.11111% in the very good category. This means that students demonstrate a fairly good response to the given behavior. With the help of the method of bridging knowledge, students feel helped in the process of memorizing the text easily. Just by memorizing one word, students will immediately remember the flat banguin ruimuis. Apart from that, students feel that they learn the material more quickly and can recall the concepts they have memorized. These things can provide enthusiasm and motivate students in learning mathematics.
Keyword: Student Response, Donkey Bridge Method, Flat Build Formula