Implementasi Papan Pintar Pohon Pancasila Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PKKn Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Citra Putri Sari IAIBAFA
  • Himmatul Nur Afifah IAIBAFA

Keywords:

Learning Media, Smart Board, Learning.

Abstract

ABSTRAK

Prioritas utama pendidik dalam iklim pendidikan yang terus berubah saat ini adalah menemukan cara untuk melibatkan siswa secara aktif. Papan pintar pohon pancasila menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan meningkatkan retensi memori dengan menampilkan ideide rumit dalam format visual yang mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman betapa pentingnya untuk segera mempelajari bagaimana guru PPKn menggunakan Papan pintar sebagai metode pengajaran sehingga kita dapat menghidupkan kembali dinamika kelas, meningkatkan keterlibatan siswa, dan menumbuhkan pemahaman yang lebih kuat tentang prinsip-prinsip demokrasi dan nilai-nilai kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif untuk menyelidiki bagaimana guru dapat memanfaatkan Papan pintar sebagai metode pengajaran untuk meningkatkan partisipasi siswa kelas 1 MI Wahdatut Tholibin pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Data diperoleh melalui Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Papan Pintar Pohon Pancasila secara signifikan meningkatkan antusias belajar siswa dalam pembelajaran PPKn kelas I MI Wahdatut Tholibin dibandingkan dengan tanpa adanya media pembelajaran yang menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran kreatif seperti Papan Pintar Pohon Pancasila dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa pada mata pelajaran PPKn di jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran yang berfokus pada penggunaan media yang menarik dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MI.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Pintar, Pembelajaran.

 

ABSTRAK

The top priority of educators in today’s changing educational climate is finding ways to actively engage students. The Pancasila Tree Smartboard creates an engaging learning environment and improves memory retention by presenting complex ideas in an easy-to-understand visual format. The purpose of this study is to provide an understanding of how important it is to immediately learn how PPKn teachers use Smartboards as a teaching method so that we can revive classroom dynamics, increase student engagement, and foster a stronger understanding of democratic principles and civic values. This study uses a qualitative descriptive approach method to investigate how teachers can utilize Smartboards as a teaching method to increase student participation in grade 1 MI Wahdatut Tholibin Pancasila and Citizenship Education (PPKn) learning. Data were obtained through Observation, Interviews, and documentation. The results showed that the use of the Pancasila Tree Smartboard significantly increased student enthusiasm for learning in PPKn learning for grade 1 MI Wahdatut Tholibin compared to without interesting learning media. This finding shows that the use of creative learning media such as the Pancasila Tree Smart Board can be an effective alternative in increasing student engagement in PPKn subjects at the Madrasah Ibtidaiyah (MI) level. This study provides an important contribution to the development of learning strategies that focus on the use of interesting and relevant media to improve the quality of learning in MI.

Keywords: Learning Media, Smart Board, Learning.

Downloads

Downloads

Published

2025-05-17

How to Cite

Sari, C. P. ., & Nur Afifah, H. . (2025). Implementasi Papan Pintar Pohon Pancasila Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PKKn Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 4(01), 57–67. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Abnauna/article/view/3101