PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME INTERNET EDUCANDY SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v6i2.952Keywords:
Development, Learning Evaluation Media, Educandy, onlineAbstract
In the era of the pandemic, schools are required to carry out online learning. This resulted in the development of an online-based Arabic learning evaluation to be made. The purpose of this research is to develop an online-based learning evaluation media using the educandy platform and test it on class X MA Sunatunnut Senori Tuban students. This research uses the Borg and Gall R&D method. The research shows the results that the average score from the aspects of usability, display, interactive and learning shows the results of 3.25% this value is in the good category so it can be concluded that this Arabic learning evaluation media can be used as online media and is able to provide benefits. to class X MA Sunatunnur Senori Tuban as an independent learning medium.
Downloads
References
al-Naqah, M. K. (1985). Ta’lim al-Lugho al-Arobiyah li al-Natiqin bi Lughot Uhro. Makkah : Jami'ah Umul Qura.
Arsendy, S. (2020). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. Jakarta: The Conversation.
Ashif Zafi. (2021). EFEKTIFITAS PLATFORM QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 KUDUS. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2
Baiq Tuhfatul Unsi, (2020) PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB MELALUI PENERAPAN METODE DRILL. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.4, No.1,
Burhan Qomarudin, (2015) Esenssi Pengembangan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Costikyan, G. (2013). Uncertainty In Games, The MIT Press. Cambridge.
Dwi Purwati, A. N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH. Istoria : Jurnal Pendidikan.
Hamdani Ihsan dkk, (2007) Filsafat Pendidikan Islam. Cet. III. Pustaka Setia Bandung.
Idrus L, (2019) Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, ADARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 9, No.2
M. Ngalim Purwanto, (2005) Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Cet. I; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustofa, M.I. , Chodzirin M., & Sayekti, (2018) Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of Information Technology, Vol 1, No.1.
Nurdyansyah & Widodo A, (2015) Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Ceter.
Nursaptani, A. W. (2020). Problematika Pembelajaran Daring. Surabaya: ELSE (Elementary School Education Jurnal) Volume 4, Nomor 2, 2020.
Prensky, M. (2012). From Digital Natives to Digital Wisdom. New York.
Qomarudin, B. d. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Rahman, Y. I. (2020). ADAPTASI GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol. 3, No.1, 2020.
Ramadani. (2020, April). (Harian Nasional) Dipetik Agustus 27, 2020, dari Belajar Dari Rumah Tanpa Terbebani: http://www.harnas.co/2020/04/12/belajar-dari-rumah-tanpa-terbebani
Sa’ud (2020). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Setemen, K. (2010). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan. (2003). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Miftahul Mufid, Ahmad Farid Utsman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.