Pembelajaran Cinta Lingkungan Berbasis Sistem Merdeka Untuk Membentuk Profil Pancasila Siswa PAUD
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v6i1.499Keywords:
Learning, Love the environment, Independent System, Pancasila ProfileAbstract
The purpose of this study was to determine the process of developing a learning model for environmental love based on an independent system to form a Pancasila profile (Gotong-Royong, Critical and Creative Reasoning) for early childhood. The long-term goal of this research is to provide information and recommendations regarding the application of the Independent System-Based Environmental Love Learning to Form a Pancasila Profile. This research was carried out with a Research and Development design that adopted the Borg & Gall model. The quantitative method is carried out by measuring using a Likert Scale questionnaire with 4 (Four) Standards and the respondents are students, filling is assisted and accompanied by a teacher assistant. Qualitative method using observation sheets and questionnaires that aim to be used to ensure that the process of implementing learning is in accordance with the syntax of the learning model and efforts to obtain information on needs and input from teachers and observers to improve the application of the model.
Downloads
References
Amiru, M. “Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri.” Jurnal TA’DIB, 19 (02) (2014): 227-252. DOI https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16
David, H. “Classroom Action Research”. Jakarta: Student library. (2011).
Dela, KA. “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Pendidikan.3 (3), (2020): 95-101. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Desty, M., Samsul, G., Akhwani & S. Kasiyun. “Peningkatan Karakter Gotong Royong Di Sekolah Dasar.” Lectura: Jurnal Pendidikan. 11 (2), (2020): 225-238. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724
Dwi, P. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya.” Dwijacendekia Jurnal Riset Pedagogik. 1 (2), (2017): 14-20. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Eko, P.U. “Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Ips Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik.” Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 3 (2), (2018): 95-102. DOI: 10.17977/um022v3i22018p088
Fisher, R. “Teaching Children to Think.” London: Stanley Thornes Ltd. (2005).
Hidayatu, M., & B.D, Retyanto. “Implementasi Pendekatan Scientifik pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Wonosobo.” Al-Athal: Jurnal Pendidikan Anak. 2 (2), (2016): 13-24. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1264
Kemdikbud. “Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.” Jakarta : Kemendikbud. (2016).
Mahfud. “Berfikir Dalam Belajar.” Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah. 1(1), (2016): 1-26. DOI: 10.24235/tarbawi.v1i1.1229
Maulina, M., Suwatno & B. Santoso. “Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.. 5 (1), (2020): 67-82. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853
Mutiara, M. “Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Usia Dini. 7 (2), (2013): 221-229. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3871.
Nida, M. “Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Perspektif Sekolahnya Manusia Dari Munif Chatib.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 3 (2), (2020): 315-321. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1324
Nurul, Z. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Polysynchronous di Era New Normal.” Jurnal Moral Masyarakat. 6 (1), (2021): 12-25. DOI: https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5086
Nutbrown, C. “Pendidikan Anak USia Dini, Sejarah, Filosofi dan Pengalaman.”Yogyakarta: Pustaka Belajar. (2015).
Samho, B. “Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.” Yogyakarta: Kanisius. (2013).
Siti, M. “Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey”. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3 (1), (2020): 141-147. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Siti, R. Hobri., Erwin O. “Tingkat Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmatika di SMAN 5 Jember.” Kadikma. 8 (2), (2017): 51-60. DOI: https://doi.org/10.19184/kdma.v8i2.6400
Sulistyarini. “Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 2 (1), (2015): 1-8. DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v2i1.4554
Sumardianta. ”Pudarnya Kultur Asah-Asih-Asuh.” Makalah diseminarkan pada Pendidikan Kebudayaan dari Zaman Pergerakan hingga Kini di Serambi Salihara, Komunitas Salihara.Yogyakarta.07 Mei. (2013).
Syarief. H. “Jangan Sia-siakan Usia Emas (Golden Age).” Makalah pada Seminar PAUD, Bogor 24 Maret. (2016).
Titi, A.L. “Pengembanagan Karakter Kreatif Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tematik.” Jurnal Insania. 22 (2), (2017): 341-353. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1223
Tutuk, N., Zamroni & Darmiyati, Z. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 8 Dan Smp Negeri 9 Purwokerto.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 3 (2), (2015): 225-236. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9811
Yora., H., dkk. “Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis.” Jurnal Pendidikan Anak. 6 (1), (2017): 20-13. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15658
Yusti, M.B & A, Sudrajat. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Karakter. 8 (2), (2018): 161-171. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21535
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 nur farida farida, Salis Irvan Fuadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.