Pendekatan Komprehensif Terhadap Umpan Balik Dalam Evaluasi PAI: Antara Capaian, Refleksi, Dan Intervensi
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3909Keywords:
Umpan Balik, Outcome-Based Education, Evaluasi PAI, Formatif, Sumatif, PengayaanAbstract
Pemberian umpan balik yang efektif merupakan komponen penting dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), terutama dalam kerangka pendekatan Outcome Based Education (OBE). Artikel ini mengkaji secara konseptual Teknik pemberian umpan balik formatif dan sumatif berbasis OBE sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas evaluasi dan pencapaian capaian pembelajaran (CP) pada mata Pelajaran PAI. Umpan balik formatif diposisikan sebagai sarana perbaikan berkelanjutan melalui refkesi, dialog, dan penguatan nilai-nilai keislaman selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, umpan balik sumatif berperan dalam dokumentasi capaian akhir yang dilengkapi dengan tindak lanjut berupa program pengayaan bagi peserta didik yang unggul dan remedi bagi yang belum mencapai standar. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi Teknik umpan balik berbasis OBE menuntut keterpaduan antara asesmen yang autentik, penggunaan rubrik capaian, serta integrasi nilai-nilai spiritual dan pedagogis dalam proses evaluasi. Artikel ini menekankan pentingnya reposisi peran guru sebagai fasilitator evaluasi yang adaptif, relfektif, dan responsive terhadap kebutuhan belajar peserta didik dalam konteks pembelajaran PAI berbasis capaian.
Downloads
References
Aditya Fachrie Zanardi Abdurrahman, Lutfian Bayu Saputra, Ahmad Najmi, and Taufiq Achmad Hady. ‘Implementasi Evaluasi Sumatif Pada Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Mojolaban’. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (8 January 2025): 100–108. Accessed doi:10.61132/jmpai.v3i2.977.
Badrudin, Muhamad Raihan Razabi, R Shinta Rahmi, and Sri Mulyani. ‘Pengembangan Manajemen Penilaian Pendidikan’. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) 7, no. 2 (February 2024).
Budiono, Arifin Nur, and Mochammad Hatip. ‘Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka’. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8 (2023).
Diani, Eva Riantika, Fikriansyah Fikriansyah, Nuris Ainun Najib, and Putri Wahyuningsih. ‘Konsep Remedial Dan Pengayaan Sebagai Upaya Tindak Lanjut Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Prinsip Mastery Learning’. Jurnal Ilmu Tarbiyah 1, no. 1 (2022): 37–48.
Efgivia, Mohammad Givi, and Albahra. Outcome-Based Education: Teori, Praktik, Dan Aplikasi Dalam Pendidikan Modern. Bandung: Widina Media Utama, 2024.
Harden, Ronald M. ‘Outcome-Based Education: Part 1-An Introduction to Outcome-Based Education’. MedicalTeacher 21, no. 1 (1999).
———. ‘Outcome-Based Education: The Future Is Today’. Journal MedicalTeacher 29 (2007).
Judrah, Muh, Aso Arjum, Haeruddin Haeruddin, and Mustabsyirah Mustabsyirah. ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral’. Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 1 (2024): 25–37. Accessed doi:https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282.
Khasanah, Nur, and Luluk Iffatur Rocmah. ‘Efektivitas Media Maze Magnet Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun’. Journal of Education Research 5, no. 4 (2024): 4728–37.
Killen, R. Teaching Strategies for Outcomes-Based Education, 2007.
Lawson, Michel J, and H Askel Williams. ‘Outcomes–Based Education’. Assoc Indep Sch SA, 2007.
Phafiandita, Adisna Nadia, Ayu Permadani, Alsa Sukma Pradani, and M Iqbal Wahyudi. ‘Urgensi Evaluasi Pembelajaran Di Kelas’. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 3, no. 2 (2022): 111–21. Accessed doi:https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262.
Siregar, Tiur Malasari, Hadizah Hadizah, Nasri Titania, Reni Permata Sari, Suci Ramadhani, and Zavira Syalwa. ‘Pengaruh Evaluasi Pembelajaran Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pada SMP Swasta Ar-Rahman’. AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation 1, no. 2 (2024): 743–51. Accessed doi:10.57235/arrumman.v1i2.4421.
Sofian Adi Prasetyo, Bayu, and Nurul Latifatul Inayati. ‘Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Evaluasi Pembelajaran Sumatif Siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo’. Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (February 2024). Accessed https://jurnaldidaktika.org1227.
Taqiyuddin, Supardi, and Lubna. ‘Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 3 (10 August 2024): 1936–42. Accessed doi:10.29303/jipp.v9i3.2392.
Wajihah, Nur. ‘Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam Di Madrasah: Perspektif Stakeholder Dan Implikasinya Untuk Perbaikan’. Res: Review Of Education Studies 1, no. 1 (2024): 64–83.
Yasin. ‘MERANCANG DAN MENYUSUN(SUMATIF DAN FORMATIF) EVALUASI RUBRIK PENILAIAN OBE-BASED EDUCATION)’. In INOVASI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA OBE (OUTCOME-BASED EDUCATION) DI PENDIDIKAN TINGGI. Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA, 2022.
Yulianto, Indra. ‘Analisis Classrooms Assessment: Remedial, Pengayaan, Pendekatan Acuan Patokan (PAP) Dan Pendekatan Acuan Normatif(PAN)’. Jurnal Inovasi Pendidikan, no. 1 (January 2024).
Yunarti, Tina, Annisa Mutiarani, and Indah Nabilla Nur Lutfiyyah Zariyatan. ‘Strategi Umpan Balik Yang Membangun Hubungan Positif Antara Guru Dan Siswa: Kajian Pustaka’. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 677–85, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ana Dwi Lestari, Reza Iqbal Alghifari, Indah Aminatuz Zuhriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.






