Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Modul Nadhom Asmaul Husna Di MI. Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang

Authors

  • Ali Rohmat Nuruddin Institut Al-Azhar Menganti Gresik
  • Achmad Khusnan Institut Al-Azhar Menganti Gresik
  • Barudin Barudin Institut Al-Azhar Menganti Gresik

DOI:

https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3966

Keywords:

Pendidikan Karakter, Nadhom Asmaul Husna, Akidah

Abstract

Penelitian ini mengkaji urgensi pendidikan karakter yang terintegrasi dengan pendidikan agama Islam melalui mata pelajaran Akidah dalam membentuk individu siswa yang berakhlak mulia. Fokus utama adalah penanaman nilai-nilai kebaikan, kesadaran, dan implementasi ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Studi kasus di MI. Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang menunjukkan efektivitas penggunaan modul Nadhom Asmaul Husna sebagai media pembelajaran. Modul ini, yang mengemas materi Akidah dalam bentuk syair, memfasilitasi penghafalan, pemahaman, dan penerapan nilai-nilai ketauhidan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan, kesadaran, serta praktik perilaku terpuji, kejujuran, dan ketaatan beribadah siswa. Guru berperan penting dalam menciptakan minat belajar, memberikan keteladanan, serta mengawasi proses pembentukan karakter. Implementasi modul ini, didukung oleh berbagai kegiatan sekolah dan keluarga, terbukti mampu mengembangkan siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, mandiri, dan jujur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Julia, Rafika Indra, Nellitawati Nellitawati, Dina Dahliana, Nana Fauzana Azima, dan Yumna Yumna. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 723–31. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1857.

Kurniawan. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media, 2013.

Lukman, Ahmad Sanusi, Muamar Al Qadri, dan Nurliza Afni. “Hubungan Psikologi Perkembangan Anak Didik Tehadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMK Swasta Gebang.” Education Achievement: Journal of Science and Research, 18 April 2022, 95–106. https://doi.org/10.51178/jsr.v3i1.543.

Majdi, Muhammad, Nazwa Silviani, dan Sarmila Sarmila. “Pengembangan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia MI Strategi SAD (Say And Do).” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 3. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1064.

Moeliana, Anton M. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 2003.

Muntasir, M. Saleh. Mencari Evidensi Islam. Rajawali Press, 2011.

Muspiarman, Muspiarman. “Pentingnya Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah.” Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3 Juli 2025, 240–45. https://doi.org/10.31004/sjcmk843.

Nashir, Haedar. Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya. Multi Presindo, 2013.

Sulastyaningrum, Rizky. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. UNS (Sebelas Maret University), 2018. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/63734/Pengaruh-Kecerdasan-Intelektual-Kecerdasan-Emosional-dan-Kecerdasan-Spiritual-terhadap-Prestasi-Belajar-Mata-Pelajaran-Ekonomi-pada-Peserta-Didik-Kelas-XI-IPS-di-SMA-Negeri-1Bulu-Tahun-Ajaran-20172018.

Syarnubi, Syarnubi. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV Di SDN 2 Pengarayan.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2019): 1. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230.

Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya, 2011.

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Nuruddin, A. R., Khusnan, A., & Barudin, B. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Modul Nadhom Asmaul Husna Di MI. Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 321–330. https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3966

Issue

Section

Artikel