Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Modul Nadhom Asmaul Husna Di MI. Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3966Keywords:
Pendidikan Karakter, Nadhom Asmaul Husna, AkidahAbstract
Penelitian ini mengkaji urgensi pendidikan karakter yang terintegrasi dengan pendidikan agama Islam melalui mata pelajaran Akidah dalam membentuk individu siswa yang berakhlak mulia. Fokus utama adalah penanaman nilai-nilai kebaikan, kesadaran, dan implementasi ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Studi kasus di MI. Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang menunjukkan efektivitas penggunaan modul Nadhom Asmaul Husna sebagai media pembelajaran. Modul ini, yang mengemas materi Akidah dalam bentuk syair, memfasilitasi penghafalan, pemahaman, dan penerapan nilai-nilai ketauhidan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan, kesadaran, serta praktik perilaku terpuji, kejujuran, dan ketaatan beribadah siswa. Guru berperan penting dalam menciptakan minat belajar, memberikan keteladanan, serta mengawasi proses pembentukan karakter. Implementasi modul ini, didukung oleh berbagai kegiatan sekolah dan keluarga, terbukti mampu mengembangkan siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, mandiri, dan jujur.
Downloads
References
Julia, Rafika Indra, Nellitawati Nellitawati, Dina Dahliana, Nana Fauzana Azima, dan Yumna Yumna. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 723–31. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1857.
Kurniawan. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media, 2013.
Lukman, Ahmad Sanusi, Muamar Al Qadri, dan Nurliza Afni. “Hubungan Psikologi Perkembangan Anak Didik Tehadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMK Swasta Gebang.” Education Achievement: Journal of Science and Research, 18 April 2022, 95–106. https://doi.org/10.51178/jsr.v3i1.543.
Majdi, Muhammad, Nazwa Silviani, dan Sarmila Sarmila. “Pengembangan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia MI Strategi SAD (Say And Do).” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 3. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1064.
Moeliana, Anton M. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 2003.
Muntasir, M. Saleh. Mencari Evidensi Islam. Rajawali Press, 2011.
Muspiarman, Muspiarman. “Pentingnya Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah.” Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3 Juli 2025, 240–45. https://doi.org/10.31004/sjcmk843.
Nashir, Haedar. Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya. Multi Presindo, 2013.
Sulastyaningrum, Rizky. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. UNS (Sebelas Maret University), 2018. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/63734/Pengaruh-Kecerdasan-Intelektual-Kecerdasan-Emosional-dan-Kecerdasan-Spiritual-terhadap-Prestasi-Belajar-Mata-Pelajaran-Ekonomi-pada-Peserta-Didik-Kelas-XI-IPS-di-SMA-Negeri-1Bulu-Tahun-Ajaran-20172018.
Syarnubi, Syarnubi. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV Di SDN 2 Pengarayan.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2019): 1. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ali Rohmat Nuruddin, Achmad Khusnan, Barudin Barudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.