Perspektif Pendidikan Moral Syekh Muhammad Syakir dalam Pembentukan Nilai-Nilai Etika Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3723Keywords:
Moral Education, Character Formation, Syekh Muhammad Syakir, Generasi Z, Ethical ValuesAbstract
Moral education plays a strategic role in shaping character and ethical values, especially for Generation Z, which is growing up in an era of globalization and digital technological advancement. This study examines the thoughts of Sheikh Muhammad Syakir, a classical Islamic education figure, who offers moral education principles that are relevant for instilling ethical values in Generation Z. Through a library research approach, this study analyzes the essence of Sheikh Muhammad Syakir's thoughts and their relevance in the context of contemporary education. The findings indicate that principles such as respect for parents, maintaining one's speech, avoiding arrogance, and emphasizing trustworthiness, honesty, and humility are crucial in forming a well-rounded and sustainable character. Furthermore, adaptive and effective moral education can assist Generation Z in facing complex social and academic challenges while developing integrity and social responsibility. Thus, this research underscores the importance of integrating moral values into both formal and non-formal education to equip Generation Z with ethical and responsible character.
Downloads
References
Abdul Rahman, Agus. “TEORI PERKEMBANGAN MORAL DAN MODEL PENDIDIKAN MORAL.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 3, no. 1 (27 Februari 2018): 37–44. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.2175.
Alwi, Mohammad Cholil, dan Zulkifly Lessy. “Pendidikan Akhlak Anak dalam Kitab Washaya al-Aba’ li al-Abna.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 8 (1 Agustus 2024): 7758–65. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4865.
Anggraini, Ika Muthya, Hezliana Syahwanti, dan Muji Listyo Widodo. “UPAYA PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI PELUANG USAHA KREATIF BAGI GENERASI Z.” GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 8, no. 1 (8 Juli 2024): 173–86. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.7161.
Arifin, Nur. PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DIGITAL. Cetakan Pertama. TAHTA MEDIA GROUP, 2025.
Asri, Dahlia Novarianing, dan Rischa Pramudia Trisnani. “MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN TEKNIK TIME-MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 6, no. 1 (22 Maret 2021): 20. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i1.2224.
Asrun, Nicky Armayfa, dan Ade Gunawan. “Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kota Medan dengan Literasi Keuangan sebagai Media Intervening.” Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan 5, no. 1 (3 April 2024): 173–86. https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i1.205.
Astuti, Eni Widi, Ni’mah Afifah, dan Kana Safrina Rouzi. “Nilai–Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Doraemon Serta Relevansinya dengan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 1, no. 1 (31 Januari 2022): 9. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(1).9-25.
Bagus Nur ’Aliimu, Bambang Sumardjoko, dan Ari Anshori. “Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di SMPN 1 Kedawung.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 5, no. 2 (15 Mei 2025): 517–43. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5901.
Beo, Maria Magdalena, dan Hermania Bupu. “Membangun Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Bajawa Melalui Pendampingan Paduan Suara,” t.t.
Budiya, Bahroin. “Konsep Pendidikan Khuluqiyah dalam Prespektif Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abna’ untuk Menanggapi Pendidikan Era Industri 4.0.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 16, no. 1 (Maret 2020): 95–112. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v16i1.61.
Chaer, Moh. Toriqul. “SELF-EFFICACY DAN PENDIDIKAN (Kajian Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam).” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 3, no. 1 (Juli 2016): 106-122.
Destri, Asti Fitria, Dina Ramdini, Muthia Kansa, Syaipia Lailla, dan Tin Rustini. “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Anak,” 2025.
Diniyah, Kharisah, S St, Siti Muyana, dan M Pd. KESEHATAN MENTAL GENERASI Z. EUREKA MEDIA AKSARA, 2025.
Ekanata, Bunga Aprilia, Febri Dahlia, dan Desi Setiyadi. “Penerapan konseling Islami berbasis teori Imam Al–Ghazali dalam meningkatkan makna hidup generasi Z.” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 15, no. 1 (2 Mei 2025): 15–28. https://doi.org/10.25273/counsellia.v15i1.22271.
Elmontadzery, Ahmad Yazid Fadin, Adib Rofiuddin Basori, dan Muhamad Mujadid. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Peningkatan Karakter Religius di MA NU Putra Buntet Pesantren Cirebon.” Tsaqafatuna 6, no. 1 (31 Mei 2024): 67–81. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v6i1.413.
Fathia, Alya Shofi, dan Mukh Nursikin. “Konsep Pendidikan Nilai dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Immanuel Kant,” t.t.
Ghafara, Said Thaha, Nizwardi Jalinus, Ambiyar Ambiyar, Waskito Waskito, dan Fahmi Rizal. “Pembelajaran Menggunakan TIK dapat Meningkatkan Literasi Peserta Didik Generasi Z Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer) 22, no. 2 (1 Agustus 2023): 241. https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.8503.
Gumilar, Rama Ramdani, Wawan Ahmad Ridwan, dan Akhmad Affandi. “Analisis Paradox Kesehatan Mental dan Tingkat Religiusitas Mahasiswa Semester Akhir Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2023.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8, no. 3 (4 Maret 2025): 2956–64. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7395.
Gunadi, Fahrul, Dwi Noviasni, dan Rio Arjaya. 2025. "Analisis Pola Pergeseran Ekonomi Masyarakat Pesisir Akibat Dampak Perubahan Iklim." Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman 13 (1).
Hakiky, Nur, Endang Fauziati, dan Anatri Desstya. “PENERAPAN KEBIASAAN MORAL ACTION DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR” 09 (2024).
Hidayat, Rahmat. “Construction of Character Education in Mandailing and Angkola Culture in North Sumatra Province.” Society 8, no. 2 (30 Desember 2020): 611–27. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.212.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, dan Fahrudin Fahrudin. “PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN PERANANNYA DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN ISLAMI.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (30 Desember 2018): 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397.
Kosmajadi, E. “URGENSI PENDIDIKAN MORAL ISLAMI DI ERA GLOBAL,” t.t.
Kramadibrata, Budi, dan Andi Heru Susanto. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Pada Karyawan Generasi Z).” Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business 4, no. 2 (30 Juni 2024): 723–36. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i5.1719.
Lisnawati, Dewi. “Problematika dan Tantangan Santri di Era Revolusi Industri 4.0.” Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam 14, no. 1 (13 Juni 2020): 57. https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.379.
Lutfifa, Rahayu, Thalita Aprilia Syahputra, dan Sentot Imam Wahjono. “Pengaruh Fintech Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif pada Gen Z,” t.t.
Md Sham, Fariza, Ainul Yaqin, dan Hajar Nurma Wachidah. “Moral Reasoning Theory: Between Kohlberg ‘s and al-Ghazali’s Perspective.” International Journal of Islamic Thought 20 (1 Desember 2021). https://doi.org/10.24035/ijit.20.2021.207.
Muis, Muhammad Aufa, Aidil Pratama, Indah Sahara, Isma Yuniarti, dan Safira Aulia Putri. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 7 (3 Juli 2024): 7172–77. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4872.
Nainggolan, Tio Nursarida. “Pendidikan Kristiani Sebagai Core Value Dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi Z.” JURNAL TERUNA BHAKTI 6, no. 2 (2 Maret 2024): 154. https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.200.
Ochita Ratna Sari dan Trisni Handayani. “HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 4 (26 Oktober 2022): 1011–19. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2768.
Putra, San, Putu Cory Candra Yhani, Putri Purwaningrum, Sahru Ramadhan, Azma Ulia, dan Adi Warma. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Individu dari Perspektif Psikologi). Cetakan Pertama. Deli Serdang Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2024.
Rastati, Ranny. “MEDIA LITERASI BAGI DIGITAL NATIVES: PERSPEKTIF GENERASI Z DI JAKARTA.” Jurnal Kwangsan 6, no. 1 (29 Juni 2018): 60. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p60--73.
Rijal, Azhar Fakhru, dan Akhmad Affandi. “Konsep Pendidikan Adab Menurut Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka” 8 (2025).
Rizky Pratama Putra Karo Karo. “Hate Speech: Penyimpangan terhadap UU ITE, Kebebasan Berpendapat dan Nilai-Nilai Keadilan Bermartabat.” Jurnal Lemhannas RI 10, no. 4 (30 Januari 2023): 52–65. https://doi.org/10.55960/jlri.v10i4.370.
Rochaendi, Endi, Akhsanul Fuadi, dan Rizal Fathurrohman. FILSAFAT PENDIDIKAN Fondasi Pemikiran Dalam Pendidikan. Terbitan Pertama. Jati Agung, Lampung Selatan: ITERA Press, 2024.
Rohmah, Umi. “Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD).” AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK 4, no. 1 (28 Desember 2018): 85–102. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06.
syakir, muhammad. Washaya Al-Aba’ Li Al-Abna. mesir: Perpustakaan Mubarokah Thayyibah, 2019.
Vianita Sholeshi dan Muslimin. “Karakteristik Jiwa Kanak-Kanak dan Penerapannya Dalam Pendidikan Menurut Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2, no. 3 (30 April 2024): 129–37. https://doi.org/10.58540/jurpendis.v2i3.826.
Wahidi, Ahmad, dan Ardi Prasetio. “Perilaku Penelusuran Informasi Generasi Z dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi di perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.” Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development 7, no. 2 (18 Januari 2025): 1411–16. https://doi.org/10.38035/rrj.v7i2.1335.
Wibisono, Hendar Ahmad, Muamar Al Qadri, Rani Dewi Yulyani, Ni Wayan Ramini Santika, Brian L Djumaty, Shella Monica, Rory Anugraha, dkk. SOSIOLOGI PENDIDIKAN. Cetakan Pertama. Bandung: WIDINA MEDIA UTAMA, 2024.
Wibowo, Satryo Kusuma, dan Muhammad Abdullah. “Etika profetik dalam cerita rakyat Kabupaten Berau ‘Si Kannik Barrau Sanipa.’” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 6, no. 3 (7 Juli 2023): 655–68. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i3.652.
Wulandari, Fitria, Tatang Hidayat, dan Muqowim. 2021. "Konsep Pendidikan Holistik dalam Membina Karakter Islami." Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (2).
Yusuf, Syaifulloh. “KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK SYEIKH MUHAMMAD SYAKIR DALAM MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN ERA DIGITAL.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (21 Mei 2019): 1. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.1-18.
Zed, Etty Zuliawati, Selvi Bayu Sari, dan Sandrina Malakiano. “Inovasi Pemasaran Produk Ramah Lingkungan pada Botol Minum Reusable untuk Generasi Milenial dan Generasi Z,” t.t.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh. Shofiyuddin, Habibi Al Amin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.






