Model Pendidikan Aswaja Al-Nahdliyah Integratif Dalam Pengembangan Karakter Tawassuth Santri
Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Maarif Tuban
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3846Keywords:
Pendidikan Aswaja, Tawassuth, Pondok Pesantren, Moderasi BeragamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pendidikan Aswaja al-Nahdliyah integratif dalam pengembangan karakter tawassuth santri di Pondok Pesantren Darul Maarif Tuban. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya implementasi nilai-nilai moderasi beragama (tawassuth) di tengah tantangan radikalisasi dan intoleransi dalam kehidupan beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pengasuh, guru, serta santri, dan analisis dokumen kurikulum pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan formal (pengajaran kitab kuning) dan nonformal (kegiatan organisasi santri seperti IPNU-IPPNU, PMII, dan Pagar Nusa) secara sinergis membentuk karakter moderat santri. Nilai tawassuth diinternalisasikan melalui pembelajaran aqidah Asy'ariyah-Maturidiyah, fikih Syafi'iyah, tasawuf akhlaki, serta praksis sosial berbasis musyawarah, gotong royong, dan penghargaan atas keragaman. Model ini terbukti efektif memperkuat sikap toleran, adil, seimbang, dan inklusif di kalangan santri. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model integratif serupa di pesantren-pesantren lain untuk memperluas internalisasi moderasi beragama di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di Pondok Pesantren Darul Maarif Tuban. Fokus penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis model pendidikan Aswaja al-Nahdliyah integratif dalam membentuk karakter tawassuth santri. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, melibatkan pengasuh pondok, guru, pembina organisasi, dan santri aktif. Teknik pengumpulan data meliputi: Wawancara mendalam terhadap pengasuh dan pembina organisasi santri,Observasi partisipatif terhadap aktivitas pembelajaran dan kehidupan santri, Studi dokumentasi atas kurikulum, program organisasi, dan bahan ajar Aswaja. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Downloads
References
Farûkh, ‘Umar. Târîkh Ṣadr al-Islâm wa al-Dawlah al-Umawîyah. Beirut: Dâr al-Malâyîn, 1970.
Chalmers, A. F. Apa itu yang Dinamakan Ilmu? Suatu Penilaian tentang Watak dan Status Ilmu serta Metodenya, terj. Redaksi Hasta Mitra. Jakarta: Hasta Mitra, 1983.
Marghalî, Nadîm, dan Usâmah Marghalî. Al-Mursịd ilâ Kanz al-‘Ummâl fî Sunan al-Aqwâl wa al-Af‘âl, Vol. 1, Cet. 3, Ḥadîth ke-2454. Beirut: Muassasah al-Risâlah, 1989.
Sarjuni. “Anarkisme Epistemologis Paul Karl Feyerabend” dalam Listiyono Santoso dkk. Epistemologi Kiri. Yogyakarta: al-Ruzz, 2003.
Panggabean, Samsu Rizal. “Dîn, Dunyâ dan Dawlah” dalam Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Vol. 6. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, t.th.
Zâhid, ‘Abd al-Amîr. “al-Khitậb al-‘Almânî al-‘Arabî al-Mu’âsịr: Târîkhîyatuh wa Bunyatuh al-Mawḍû’îyah” dalam al-Minhâj, Vol. 27. Kairo: Muassasah al-Ahrâm, 2002.
Hikam, Muhammad AS. “NU dan Gerakan Civil Society di Indonesia”. Suara Pembaruan, 03 Agustus 1994.
Sâlih, Hâshim. “Jamâl al-Bannâ bayn al-Isḷâḥ al-Dînî wa al-Tanwîr” dalam www.assyarqalawsat.com/24-Mei-2004, diakses 20 Juni 2008.
Hamim, Thaha. “Moenawar Chalil’s Reformist Thought: A Study of an Indonesian Religious Scholar (1908-1961). Disertasi, McGill University, 1996.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rinwanto, Yudi Arianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.






