Analisis Dampak Minimnya Guru Bersertifikasi Terhadap Kualitas Pendidikan di Madrasah Hidayatush Shibyan Palang Tuban
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3965Keywords:
Sertifikasi guru, kualitas pendidikan, kompetensi pedagogik, madrasah, profesionalisme guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh rendahnya jumlah guru yang telah tersertifikasi terhadap mutu pendidikan di MTs Hidayatush Shibyan Palang Tuban. Sertifikasi guru merupakan bentuk legitimasi profesional yang penting untuk memastikan bahwa pendidik memiliki kompetensi yang sesuai, khususnya dalam hal pedagogi dan profesionalisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan temuan lapangan dan kajian literatur, diketahui bahwa dari total 20 guru di madrasah ini, hanya 4 orang yang telah memiliki sertifikat pendidik. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya angka tersebut meliputi ketidaksesuaian ijazah, latar belakang non-kependidikan, serta keterbatasan akses terhadap program sertifikasi. Dampaknya, proses pembelajaran menjadi kurang efektif karena lemahnya penguasaan metode aktif, pemahaman kurikulum, dan penerapan asesmen berbasis kompetensi. Kondisi ini juga berdampak pada rendahnya daya saing lulusan dan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan internal, peningkatan sosialisasi sertifikasi, serta kebijakan afirmatif dari pemerintah bagi guru di madrasah swasta kecil. Upaya peningkatan jumlah guru bersertifikasi dipandang sebagai langkah strategis dalam mendorong pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
Downloads
References
Achmad Zukhruf Alfaruqi, and Nurwahidah Nurwahidah. “Reflection on Indonesia’s PISA Scores and the 2024 Madrasah Teacher Competency Assessment Results: Challenges in Enhancing Teacher Competence.” Jurnal Pendidikan Ips 15, no. 1 (2025): 11–19.
Ananda, Rizki, Vonny Nadira, Nelvi Arianti, Marvina Al-Fikamza, and Amlan Sayuti. “Efektivitas Kebijakan Sertifikasi Guru Sd Dalam Mendorong Transformasi Pendidikan Dasar Berkualitas” 10 (2025): 620–631.
Anjarsari, Riana. “Dampak Kebijakan Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 8, no. 2 (2022): 163–173.
Badrun, Badruzzaman Pat. “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Di Kota Palu.” Al-Qalam 22, no. 1 (2016): 141.
Ihsan Dacholfany, Muhammad, Megi Afroka, Rosa Zulfikhar, and Lefina Souisa. “Pengelolaan Kelas (Kajian Studi Literature Riview).” Journal on Education 06, no. 01 (2023): 4340–4348.
Indrawan, Irjus, Eka Indah Rahayu, M. Ramzany Satendra, and Silvia Wulandari. “Kebijakan Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Program Sertifikasi.” Global Perspectives in Education Journal 1, no. 1 (2025): 15–23.
Madina, Laila. “Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Tenaga Pendidik Di Indonesia.” Jurnal Pofesi Kependidikan 1, no. 1 (2023): 3.
Masengi, Evi Elvira, Elvis Lumingkewas, and Brain Fransisco Supit. “Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Negeri 2 Tondano.” Academy of Education Journal 14, no. 2 (2023): 1084–1095.
Mutu, Manajemen, and Terpadu Pendidikan. “Meningkatkan Kualitas Proses Belajar,” no. September (2019): 291–315.
Nugraha, B. “Peran Teknologi Dalam Sertifikasi Guru.” Jurnal Teknologi Pendidikan 9, no. 2 (2021): 78–81.
Rahmi Pertiwi, Getar, Lili Yun Sari, and Dinno Saherawan. “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin Provinsi Jambi.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 2, no. 2 (2024): 36–47.
Saifullah, Ach. “Mengembangkan Soft Skills Guru Untuk Mendidik Akhlak Mulia Anak.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2020): 285–300. https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/murobbi/article/view/335.
Susilaningsih, and Siswandari. “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 19, no. 4 (2013): 487–498. https://media.neliti.com/media/publications/139226-none-64f3d62c.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Hadi Shohib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.