Analisis Dampak Minimnya Guru Bersertifikasi Terhadap Kualitas Pendidikan di Madrasah Hidayatush Shibyan Palang Tuban

Authors

  • Muhammad Hadi Shohib Universitas Darul Ulum Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3965

Keywords:

Sertifikasi guru, kualitas pendidikan, kompetensi pedagogik, madrasah, profesionalisme guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh rendahnya jumlah guru yang telah tersertifikasi terhadap mutu pendidikan di MTs Hidayatush Shibyan Palang Tuban. Sertifikasi guru merupakan bentuk legitimasi profesional yang penting untuk memastikan bahwa pendidik memiliki kompetensi yang sesuai, khususnya dalam hal pedagogi dan profesionalisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan temuan lapangan dan kajian literatur, diketahui bahwa dari total 20 guru di madrasah ini, hanya 4 orang yang telah memiliki sertifikat pendidik. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya angka tersebut meliputi ketidaksesuaian ijazah, latar belakang non-kependidikan, serta keterbatasan akses terhadap program sertifikasi. Dampaknya, proses pembelajaran menjadi kurang efektif karena lemahnya penguasaan metode aktif, pemahaman kurikulum, dan penerapan asesmen berbasis kompetensi. Kondisi ini juga berdampak pada rendahnya daya saing lulusan dan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan internal, peningkatan sosialisasi sertifikasi, serta kebijakan afirmatif dari pemerintah bagi guru di madrasah swasta kecil. Upaya peningkatan jumlah guru bersertifikasi dipandang sebagai langkah strategis dalam mendorong pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Zukhruf Alfaruqi, and Nurwahidah Nurwahidah. “Reflection on Indonesia’s PISA Scores and the 2024 Madrasah Teacher Competency Assessment Results: Challenges in Enhancing Teacher Competence.” Jurnal Pendidikan Ips 15, no. 1 (2025): 11–19.

Ananda, Rizki, Vonny Nadira, Nelvi Arianti, Marvina Al-Fikamza, and Amlan Sayuti. “Efektivitas Kebijakan Sertifikasi Guru Sd Dalam Mendorong Transformasi Pendidikan Dasar Berkualitas” 10 (2025): 620–631.

Anjarsari, Riana. “Dampak Kebijakan Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 8, no. 2 (2022): 163–173.

Badrun, Badruzzaman Pat. “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Di Kota Palu.” Al-Qalam 22, no. 1 (2016): 141.

Ihsan Dacholfany, Muhammad, Megi Afroka, Rosa Zulfikhar, and Lefina Souisa. “Pengelolaan Kelas (Kajian Studi Literature Riview).” Journal on Education 06, no. 01 (2023): 4340–4348.

Indrawan, Irjus, Eka Indah Rahayu, M. Ramzany Satendra, and Silvia Wulandari. “Kebijakan Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Program Sertifikasi.” Global Perspectives in Education Journal 1, no. 1 (2025): 15–23.

Madina, Laila. “Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Tenaga Pendidik Di Indonesia.” Jurnal Pofesi Kependidikan 1, no. 1 (2023): 3.

Masengi, Evi Elvira, Elvis Lumingkewas, and Brain Fransisco Supit. “Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Negeri 2 Tondano.” Academy of Education Journal 14, no. 2 (2023): 1084–1095.

Mutu, Manajemen, and Terpadu Pendidikan. “Meningkatkan Kualitas Proses Belajar,” no. September (2019): 291–315.

Nugraha, B. “Peran Teknologi Dalam Sertifikasi Guru.” Jurnal Teknologi Pendidikan 9, no. 2 (2021): 78–81.

Rahmi Pertiwi, Getar, Lili Yun Sari, and Dinno Saherawan. “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin Provinsi Jambi.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 2, no. 2 (2024): 36–47.

Saifullah, Ach. “Mengembangkan Soft Skills Guru Untuk Mendidik Akhlak Mulia Anak.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2020): 285–300. https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/murobbi/article/view/335.

Susilaningsih, and Siswandari. “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 19, no. 4 (2013): 487–498. https://media.neliti.com/media/publications/139226-none-64f3d62c.pdf.

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Shohib, M. H. (2025). Analisis Dampak Minimnya Guru Bersertifikasi Terhadap Kualitas Pendidikan di Madrasah Hidayatush Shibyan Palang Tuban. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 305–320. https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i2.3965

Issue

Section

Artikel