Sumber Daya Pendukung Pelaksanaan Kurikulum Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v8i2.2770Keywords:
Sumber Daya Pendukung, Pelaksanaan Kurikulum, Pendidikan InklusiAbstract
Children with special needs need more attention in education, because they also have potential within themselves. Parents, teachers and the government are resources that are expected to support the implementation of the curriculum for children with special needs. This research seeks to explore the role of parents, schools and government in implementing the curriculum for children with special needs, as well as any weaknesses in its implementation. Data was obtained from resource room observations, interviews with school principals and special support teachers and documentation. The results of the research show that parents, schools and the government have supported the implementation of the curriculum for children with special needs well, although there are several weaknesses in its implementation. From these results it can be concluded that parents and schools play an active role in implementing the curriculum for children with special needs, while the government is still not optimal for several reasons. Therefore, government policies must be properly enforced in their implementation.
Downloads
References
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif, 2022.
Dina, Sarah, Muhammad Firdaus, dan Nisfu Kurniyatillah. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Inklusi di SD Al-Azhar Medan.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (2024): 30–43.
Dukes, Chris, dan Maggie Smith. “Cara Menangani Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus: Panduan Guru Dan Orang Tua.” Jakarta: PT Tamaprint Indonesia, 2009.
Efendi, Hanafi. “Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Sekolah Inklusi Dalam Rangka Mewujudkan Mutu Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus,” 137–45, 2019.
Ekawati, Diyan, dan Bukman Lian. “Peran Orang Tua Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Pada Sd Negeri 4 Koba Kabupaten Bangka Tengah,” 1:65–73, 2022.
Hartanti, Hartanti. “Penerapan Standar Pembiayaan Pendidikan Inklusif sebagai Dasar Penyusunan Anggaran pada SD Pantara Tebet Jakarta.” Moneter-Jurnal Akuntansi dan Keuangan 1, no. 2 (2014).
Ikramullah, Ikramullah, dan Akhmad Sirojuddin. “Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2020): 131–39.
Muazza, M, H Hadiyanto, D Heny, A Mukminin, A Habibi, dan M Sofwan. “Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi: Studi Kasus di Sekolah Dasar Jambi.” Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 2, no. 1 (2018): 1–12.
Muhammad, Jamila KA. Special Education for Special Children. Jakarta Selatan: Hikmah, 2008.
Nurfadhillah, Septy, Ayu Anjani, Elfrida Devianti, Nursiah Nursiah, Nur Suci Ramadhanty, dan Rachil Amalia Mufidah. “Lamban Belajar (Slow Learner) Dan Cepat Belajar (Fast Learner).” PENSA 3, no. 3 (2021): 416–26.
Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.
Sabilla, Syafira Nur. “Peran Orang Tua untuk Mendukung Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan 10, no. 1 (2023): 1–20.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). 3 ed. 1. Bandung: Alfabeta, 2019.
Suharsiwi. PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Yogyakarta: CV Prima Print, 2017.
Sukadari. Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher, 2019.
Supena, Asep, Indina Tarjiah, Wuryani, Budi Santoso, Murni Winarsih, Bahrudin, Lalan Erlani, Indra Jaya, dan Arif Taboer. Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: 28 Jaya Printing & Publisher, 2012.
Wahyuni, Sri Intan. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Al Azhar Bukittinggi.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2019): 219–40.
Witasoka, Dyah. “Manajemen Pendidikan Inklusif SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta.” Journal of Disability Studies 3, no. 2 (2016): 163–92.
Yulianto, Totok. “Pendidikan Inklusif: Konsep Dasar, Ruang Lingkup, Dan Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018): 195–206.
Zaitun. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Qonitah Cahyaning Tyas, Marno Marno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.