ANALISIS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v3i1.172Keywords:
Process Standards, Learning, Islamic Education, SchoolsAbstract
Learning process, as one of the core activities in education, is very prominent in realizing national education goals. However, in reality, despite the standard education process has been formulated, the learning process in Indonesia is still poorly developed. The purpose of this discussion is to analyze the regulations of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 22 Year 2016 regarding process standards in Primary and Secondary Education and their implications on Islamic Religious Education (PAI) learning in schools. This study uses a qualitative approach and analytical method. Based on the results of the discussion, the primary and secondary education process standards listed in the regulation Number 22 Year 2016 are reliable and comprehensive. The learning principle with a scientific approach has implications on the wholeness of PAI learning process, as the subject is required to be understood comprehensively, not partially. To accomplish this, PAI teachers must use approaches, strategies, methods, techniques, tactics and learning models that are in harmony with the learning material that is delivered, so that an effective and efficient learning process will be achieved.
Downloads
References
Bakhri, Amirul. “Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Pada Era Globalisasi.” Jurnal Madaniyah VIII (2015): 63–86.
Efferi, Adri. “Model Pendidikan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Quality?: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2015): 237–56.
Fattah, Nanang. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Ferdinan. “Penilaian Kinerja Mutu Pendidikan Agama Islam.” Tarbawi 1, no. 2 (2016): 129–38.
Hartono. “Peran Penting Masyarakat Dalam Partisipasi Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Madrasah.” Al-Hikmah 2, no. 1 (2012): 105–24.
Hedwig, Rinda. Sistem Penjaminan Mutu Di Perguruan Tinggi Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.
Hidayat, Sholeh. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ta’dib?: Jurnal Pendidikan Islam VII, no. 2 (2018): 1–15.
———. “Pola Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung Dalam Membentuk Kepribadian Islami.” Ta’dib?: Jurnal Pendidikan Islam VII, no. 1 (2018): 9–19.
Hidayat, Tatang, and Toto Suryana. “Menggagas Pendidikan Islam?: Meluruskan Paradigma Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3, no. 1 (2018): 75–91.
Hidayat, Tatang, and Makhmud Syafe’i. “Filsafat Perencanaan Dan Implikasinya Dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Lentera Pendidikan 21, no. 2 (2018): 188–205.
Indonesia, Pemerintah Republik. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Undang-Undang Republik Indonesia, no. 1 (2013). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Kusen. “Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual.” TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2017): 189–214.
Manoppo, Yanty K. “Analisis Penerapan Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo.” Tadbir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 02, no. 2 (2014): 187–99.
Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Muhaimin, Sutiah, and Sugeng Listyo Prabowo. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah & Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Nasir, Muhammad. “Profesionalisme Guru Agama Islam?: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Melalui LPTK.” Dinamika Ilmu 13, no. 2 (2013): 189–203. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.25.
Nisa, Khoirun. “Analisis Kritik Tentang Kebijakan Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Inovatif 4, no. 1 (2018): 51–76.
Nur Zain. Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori & Aplikasi. Yogyakarta: As-Ruzz Media, 2017.
Peraturan Pemerintah RI. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2013. http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/PP0322013.pdf.
RI, Peraturan Pemerintah. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta, 2005. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.
Rosanita, Devi. “Analisis Kebijakan Menteri Pendidikan Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi PAI.” AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies 1, no. 1 (2016): 27–39. ttp://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan.
Rus’an. “Deskripsi Penerapan Standar Proses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Kota Palu.” ISTIQRA?: Jurnal Penelitian Ilmiah 4, no. 1 (2016): 175–202. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=445498&val=6438&title=Deskripsi Penerapan Standar Proses dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kota Palu.
Sanjaya, W. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Suprapto. “Budaya Sekolah, Motivasi Belajar Dan Mutu Pendidikan Agama Islam.” Jurnal?: Penelitian Pendidikan Agama Dan KEagamaan 6, no. 4 (2008): 21–38.
Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.