Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v1i2.101Keywords:
Supervision, Education, Teacher ProfessionalismAbstract
A conducive and dynamic learning can not deny the role of the teacher as an intermediary of transfer of knowledge to learners. But in reality not a few of the teachers encountered some obstacles that cause less maximal implementation of teaching and learning process. Seeing the facts and phenomena, the teacher is a teacher who is part of human resources components that must be nurtured and developed continuously in the hope to perform its functions professionally. This is where the necessary supervision of education to supervisi and improve teaching and learning process conducted by teachers. The step of the education supervisor should be more focused on how a supervisor and principal can condition the supervisid teacher to cooperate with the supervisor, because the teacher's lack of optimal teaching needs to be discussed between teacher and supervisor and principal so that input from the discussion with teachers is useful for performance improvement teacher in the future.
Downloads
References
Gunawan, Ary H. Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Notoatmodjo, Soekidjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.
Purwanto, Ngelim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). 2002.
Rivai, Viethzal dan Sylviana Mumi. Education Management: Analisis Teoridan Praktik. tt.: tp, 1983.
Sahertian, Piet A. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 2001.
Salusu, J. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Pofit. Jakarta: Gramedia Widiaksara Indonesia, 1996.
Soetopo, Hendyat dan Wasty Sumanto. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1999.
Suhertian, Piet A. Prinsip dan Tehnik Supervisi. Surabaya: Usaha Nasional, 1998.
Terry, George R. Principles of Management. 7th editions Richard D. Irwin, Ine. Homewood: lllinois, 1977.
Wijaya, Cece A. dan Tabrani Rusyan. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.