TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PENERAPAN JUAL BELI IKAN SISTEM JIZĀF DI PASAR IKAN GUDANG LELANG

Authors

  • Azka Nuriah Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Ulil Albab Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Nina Ramadhani Wulandari Universitas Muhammadiyah Lampung
  • LM Ikbal Patoni Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah

DOI:

https://doi.org/10.52431/minhaj.v5i1.2052

Keywords:

Jual Beli, Jizaf, Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa para pedagang Ikan di Pasar Ikan Gudang Lelang yang menumpuk ikannya pada sore-sore hari dengan melihat kondisi ikan yang masih banyak tersisa, sehingga para pedagang menjual ikannya dengan tumpukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan jual beli ikan secara jizāf di Pasar Ikan Gudang Lelang dan bagaimana Ekonomi Islam memandang sistem jual beli ikan secara jizāf di Pasar Ikan Gudang Lelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dikumpulkan dari deskripsi atau narasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental sampling. Dalam teknis analisis data peneliti menggunakan teknik Miles & Huberman. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa penerapan jula beli Jizaf di Pasar Ikan Gudang Lelang dilakukan penjual saat waktu sore atau di saat ikan masih banyak tapi belum ada pembeli, dan bisa juga dikarenakan ikan yang sudah lama, dan memang harus dihabiskan saat itu juga. Tinjauan Ekonomi Islam memandang sistem jual beli ikan secara jizāf yang dilakukan di Pasar Ikan Gudang Lelang terdapat beberapa kesalahan dalam menerapakan sistem jual belinya. Disebabkan ada beberapa syarat yang belum dipenuhi penjual dalam menerapkan sistem jual beli Jizaf.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ash-Shawi, Shalah, and Abdullah Al-Mushlih. Fikih Ekonomi Islam. Jakarta: Darul Haq, 2015.

Djuwaini, Dimyauddin. Pengantar Fikih Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Fitriani, Rini, and Mashudi. “Implementasi Manajemen Kewirausahaan Pada Usaha Yang Dimiliki Generasi Z Di Era Digitalisasi (Studi Kasus : Dani Orchids).” Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis 8, no. 1 (2023): 1–14.

Moleong, Lexy. J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Mursito, Hardian. “Sosial Media Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Ukm (Studi Kasus Di SMESCO Jakarta).” PEKOBIS : Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis 4, no. 2 (2019): 41–47.

Puspitasari, Ayi, Ahmad Saepudin, and Siti Rohmat. “Analisis Jual Beli Manggis Sistem Borongan Sekali Musim Panen Dalam Tinjauan Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Di Desa Wanasari Kecamatan Wanayasa Purwakarta).” EKSISBANK 3, no. 2 (2019): 3.

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2016.

Syafa’at, Abdul Kholiq, and Rohmatullah. “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Hasil Pertanian Padi Sistem Tebasan Di Dusun Kelir Desa Bunder Kecamatan Kabat Banyuwangirohmatulloh.” Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 10, no. 1 (2018): 162–179.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Nuriah, A., Albab, U., Wulandari, N. R., & Patoni, L. I. (2024). TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PENERAPAN JUAL BELI IKAN SISTEM JIZĀF DI PASAR IKAN GUDANG LELANG. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.52431/minhaj.v5i1.2052

Issue

Section

Articles