Pengaruh Media Smart Box terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di SDN Bendungan
DOI:
https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i02.3681Keywords:
smart box, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Dalam proses belajar, alat peraga menjadi bagian vital dalam meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa. Untuk itu, tujuan dari penelitiannya ini guna diketahuinya dampak dari media smart box yang digunakan kepada hasil pembelajaran siswa kelas II Sekolah Dasar pada mata pelajaran yang dilaksanakan di SDN Bendungan Kudu Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif melalui jenis studi pre-exsperimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sample yang diambil untuk ini ialah satu kelas dengan total siswanya yaitu 21 orang, yang datanya ini dikumpulkan melalui soal test secara tertulis dengan pilihan berganda dan menjodohkan. Kesimpulan yang ditarik dari hasilnya ialah (1) kemampuan memahami materi tentang Aku Berperilaku Pancasila pada siswa kelas II SDN Bendungan Kudu Jombang sebelum menggunakan media smart box memperoleh nilai rata-rata yaitu 58.48. (2) Sedangkan sesudah menggunakan media smart box memperoleh nilai rata-rata yaitu 84.57. (3) Pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Aku Berperilaku Pancasila pada siswa kelas II sdn Bendungan Kudu Jombang memperlihatkan hasilnya dengan adanya keberpengaruhan secara signifikan yaitu 0,000. Hasil nilai Signifikansinya (2-Tailed) 0,000 di bawah 0,05 artinya terjadi penolakan pada H₀ serta penerimaan pada H1 yang dalam hal ini berarti terdapatnya keberpengaruhan dalam digunakannya media smart box kepada hasil pembelajaran siswa kelas II SDN Bendungan Kudu Jombang pada mata pelajaran pendidikan Pancasila materi aku berperilaku pancasila secara signifikan.
Kata Kunci: Smart Box, Hasil Belajar.
ABSTRACT
In the learning process, teaching aids are a vital part in increasing students' enthusiasm and learning outcomes. Therefore, the purpose of this research is to determine the impact of the smart box media used on the learning outcomes of second-grade elementary school students in the subjects implemented at SDN Bendungan Kudu Jombang. This research uses quantitative research through a pre-experimental study type with a One-Group Pretest-Posttest Design. The sample taken for this is one class with a total of 21 students, whose data is collected through written test questions with multiple choices and matching. The conclusions drawn from the results are (1) the ability to understand the material about I Behave Pancasila in second-grade students of SDN Bendungan Kudu Jombang before using the smart box media obtained an average score of 58.48. (2) While after using the smart box media obtained an average score of 84.57. (3) The effect of learning Pancasila Education on the material I Behave Pancasila on class II students of SDN Bendungan Kudu Jombang shows the results with a significant influence of 0.000. The results of the significance value (2-Tailed) 0.000 below 0.05 mean that there is a rejection of H₀ and acceptance of H1 which in this case means that there is an influence in the use of smart box media on the learning outcomes of class II students of SDN Bendungan Kudu Jombang on the subject of Pancasila education on the material I behave Pancasila significantly.
Keywords: Smart Box, Learning Outcomes.