Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Materi Kekayaan Budaya Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i01.3569Abstract
ABSTRAK
Model Course Review Horay merupakan metode pembelajaran kooperatif yang menciptakan suasana belajar menyenangkan dengan siswa dikelompokkan dan menjawab pertanyaan secara aktif. Jawaban benar disambut dengan teriakan "horey" atau yel-yel lain yang disepakati, sehingga meningkatkan keterlibatan siswa. Metode ini tidak hanya membuat suasana kelas lebih hidup, tetapi juga mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Bendungan Kudu Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bendungan Kudu Jombang. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 57,60 dan posttest meningkat menjadi 80,40. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari model Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa. Model ini efektif meningkatkan hasil belajar siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta direkomendasikan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar. Dengan penerapan model ini, siswa tidak hanya memahami materi dengan lebih baik, tetapi juga termotivasi untuk lebih aktif dalam proses belajar.
Kata Kunci: Course Review Horay, Hasil Belajar, IPAS, Pembelajaran Kooperatif
ABSTRACT
The Course Review Horay model is a cooperative learning method that creates an enjoyable learning atmosphere by grouping students and encouraging them to actively answer questions. Correct answers are greeted with cheers of "horey" or other agreed-upon chants, thus increasing student engagement. This method not only livens up the classroom environment but also boosts students' confidence in expressing their answers.This study aims to determine the effect of the Course Review Horay learning model on student learning outcomes in the IPAS subject for fourth-grade students at SDN Bendungan. This research employs a quantitative approach with a One Group Pretest-Posttest design. The subjects of this study are fourth-grade students at SDN Bendungan Kudu Jombang. Data were collected through pretest and posttest multiple-choice questions, which were tested for validity and reliability using SPSS version 25.0. The results showed that the average pretest score was 57.60, while the posttest score increased to 80.40. The paired sample t-test showed a significance value of 0.000 (< 0.05), indicating a significant effect of the Course Review Horay model on student learning outcomes. This model effectively improves student learning outcomes, creates a more interactive and enjoyable learning environment, and is recommended as an alternative teaching method in elementary schools. By applying this model, students not only better understand the material but also become more motivated and active in the learning process.
Keywords: Course Review Horay, Learning Outcomes, IPAS, Cooperative Learning