Implementasi Metode Mind Mapping dengan Media Realia untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Muhammad Nasrul Waton IAIBAFA
  • Binti Kholisnatul Ula Mahasiswi

DOI:

https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i02.3489

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan metode pembelajaran dilakukan oleh guru sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran untuk mengembangkan siswa baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hal ini dikarenakan siswa adalah individu dengan berbagai keunikannya, selain itu siswa merupakan individu sosial dengan latar belakang yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi implementasi metode mind mapping dengan media realia dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV MI Al-Anwar Cangkringrandu, Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Keabsahan data diuji melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping yang dipadukan dengan media realia memiliki dampak positif terhadap minat belajar siswa. Siswa menjadi lebih antusias dan menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam memahami serta merangkum konsep-konsep IPA. Media realia terbukti efektif dalam membantu siswa menghubungkan teori dengan praktik nyata. Kombinasi antara metode mind mapping dan media realia tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan tetapi juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Secara keseluruhan, implementasi metode ini berhasil meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Kata Kunci: Mind Mapping, Media realia, Minat Belajar, IPA

 

ABSTRACK

The use of teaching methods by teachers is one of the strategies in education to develop students cognitively, affectively, and psychomotorically. This is because students are individuals with diverse uniqueness, in addition to being social individuals with different backgrounds. The purpose of this study is to evaluate the implementation of the mind mapping method combined with realia media in enhancing students' learning interest in the subject of Science (IPA) in Class IV at MI Al-Anwar Cangkringrandu, Jombang. This research uses a qualitative approach with a case study type. Data were collected through observation, interviews, and documentation during the learning process. The validity of the data was tested through prolonged observation, increased persistence, and triangulation. The results of the study show that the mind mapping method combined with realia media has a positive impact on students' learning interest. Students became more enthusiastic and demonstrated better abilities in understanding and summarizing Science concepts. Realia media proved effective in helping students connect theory with real-world practice. The combination of mind mapping and realia media not only makes learning more interesting and enjoyable but also enhances students' understanding of the material. Overall, the implementation of this method successfully increased students' interest and motivation in learning Science.

Keywords: Mind Mapping, Realia Media, Learning Interest, Science

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-09

How to Cite

Nasrul Waton, M. ., & Binti Kholisnatul Ula. (2025). Implementasi Metode Mind Mapping dengan Media Realia untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah . Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 4(02), 113–119. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v4i02.3489

Issue

Section

Articles