Penguatan Literasi Siswa Kelas II MI Manbail Futuh Beji Jenu Tuban
Keywords:
penguatan literasi, , aqidah akhlak, akhlak terpujiAbstract
ABSTRACT
The lack of interest in reading in children has a negative impact on students' academic achievement. For this reason, the Ministry of Education and Culture initiated a Student Literacy Movement abbreviated as GLS. So the purpose of this study is to: (1) find out how to strengthen students' literacy in the subject of aqidah and morals, material of commendable morals, class II at MI Manbail Futuh Beji Jenu Tuban, (2) find out what obstacles occur in strengthening students' literacy in the subject of aqidah and morals, material of commendable morals, class II at MI Manbail Futuh Beji Jenu Tuban, (3) find out the advantages in strengthening students' literacy in learning aqidah and morals, material of commendable morals, class II at MI Manbail Futuh Beji Jenu Tuban. In this study, the researcher used a qualitative approach. This data collection technique was carried out using interview, observation, and documentation techniques. This type of research is field research, namely research conducted by going directly to the field to examine the strengthening of student literacy in the subject of aqidah akhlak, material on commendable morals, class II at MI Manbail Futuh Beji Jenu Tuban. The results of this study indicate that: (1) through the implementation of literacy in the formation of student morals, namely through habituation activities that include 30-minute activities with the Qur'an, literacy activities at the end of learning, and other literacy activities that support literacy activities at school. (2) the obstacles to literacy in this activity are the lack of parental attention at home, the lack of reading books and several other obstacles that can hinder the existence of a literacy program at school. (3) the advantages of the literacy program at this school play a very important role for students and teachers, because with this literacy students can better master the tasks given by the teacher, and can obtain more accurate information. Based on the results of the study, the researcher can conclude that the literacy program at the school is good even though there are still a few obstacles. Because with this literacy program, it can help students to better understand and also understand various information easily, and they can also learn optimally.
Keywords: Strengthening Literacy, Aqidah Akhlak, Commendable Morals
ABSTRAK
Minimnya minat baca pada anak-anak memberikan pengaruh buruk pada prestasi akademik siswa. Untuk itu Kemendikbud menggagas sebuah Gerakan Literasi Siswa yang disingkat GLS. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui bagaimana penguatan literasi siswa pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji kelas II di MI Manbail Futuh Beji Jenu Tuban, (2) untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi dalam penguatan literasi siswa pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji kelas II di MI Manbail futuh beji jenu tuban, (3) untuk mengetahui kelebihan dalam penguatan literasi siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji kelas II di MI Manbail futuh beji jenu tubam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatuf. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti penguatan literasi siswa pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji kelas II di MI Manbail Futuh Beji Jenu Tuban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) melalui pelaksanaan literasi dalam pembentukan akhlak siswa yaitu dengan kegiatan pembiasaan yang meliputi kegiatan 30 menit bersama Al-Qur’an, kegiatan literasi di akhir pembelajaran, serta kegiatan literasi lainnya yang mendukung kegiatan literasi disekolah. (2) kendala literasi dalam kegiatan ini adalah dengan kurangnya perhatian orang tua pada saat dirumah, kurangnya buku bacaan dan beberapa kendala-kendala lain yang dapat menghambat adanya program literasi disekolah. (3) kelebihan dalam program literasi disekolah ini sangatlah berperan bagi siswa dan guru, karena dengan adanya literasi ini siswa dapat lebih menguasai tugas-tugas yang diberikan oleh guru, serta dapat memperoleh informasi yang lebih akurat. Berdasarkan dari hasil penelitian maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa program literasi di sekolah tersebut sudah baik walaupun masih ada sedikit kendala yang ada. Karena dengan adanya program literasi ini dapat membantu siswa untuk lebih mengerti dan juga memahami berbagai informasi dengan mudah, dan mereka juga dapat belajar dengan maksimal.
Kata Kunci: Penguatan Literasi, Aqidah Akhlak, Akhlak Terpuji