Inovasi Pembelajaran Mufradat dengan Video dan Subtitle Bahasa Arab di PP. Hasan Munjahid Grobogan
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v8i2.3098Keywords:
Video, Translation text, Mufradat learning, SubtitleAbstract
This research demonstrates the implementation of innovative learning through the utilization of Arabic-language videos and subtitles adopted by Pondok Pesantren Hasan Munjahid Grobogan. The study aims to provide insights into how the combination of videos and subtitles enriches students' learning experiences, particularly in mufradat learning. A qualitative approach was employed, utilizing classroom action observation, interviews, and documentation for data collection. The gathered data will be qualitatively analyzed. Results indicate that the innovative use of Arabic-language videos and subtitles in Pondok Pesantren Hasan Munjahid effectively facilitates mufradat understanding and alleviates students' boredom. Positive responses are reflected in increased interest and motivation, impacting task performance during video sessions. While the approach has merits, identified shortcomings include some students struggling to grasp content. Therefore, recommendations include Arabic reading and writing training, additional materials provision, and individual guidance to optimize learning outcomes.
Downloads
References
Abdullah, Ramli. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, no. 1 (2017): 35–49.
Adam, Steffi. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” Computer Based Information System Journal 3, no. 2 (2015).
Alaslan, Amtai. “Metode Penelitian Kualitatif,” 2022.
Arif, Muh. “Efektivitas Media Pembelajaran dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 9, no. 1 (June 16, 2020): 1. https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.1.1-15.2020.
Daryanto, Drs. “Inovasi Pembelajaran Efektif.” Bandung: Yrama Widya, 2013.
Dewi, Darisy Syafaah Intan Sari. “Tantangan Pesantren Salaf Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Globalisasi.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 5, no. 5 (2019): 576–84.
Faizin, Khoirul. “PERMAINAN ‘ABC 5 DASAR’ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (March 2, 2020): 43–56. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.234.
Fathonah, Mein Fitri, Siti Wahyuningsih, and Muhammad Munif Syamsuddin. “EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN.” Kumara Cendekia 8, no. 2 (June 30, 2020): 142. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.39789.
Gabriela, Novika Dian Pancasari. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR,” n.d.
Halimatul Mu’minah, Iim. “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN DARING IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19.” Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021 1, no. 1 (March 2021): 1197–1211.
Hidayatullah, Andi Nurul. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Youtube Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MA. PP. Yasrib Soppeng.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah 9, no. 1 (2021): 23–31.
Kamal, Faisal. “Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2020): 15–26.
Lubis, Tari Cantika, and Mavianti Mavianti. “Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak.” Jurnal Raudhah 10, no. 2 (2022).
Maryam, Dewi, Fia Febiola, Sari Dian Agami, Ulya Fawaida, and others. “Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7, no. 1 (2020): 43–50.
Muthoharoh, Miftakhul. “Media Powerpoint Dalam Pembelajaran.” Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah 26, no. 1 (2019): 21–32.
Nurrahmah, Siti, R Romdanih, and M Megawati. “Pengaruh Media Film Barat Dengan Subtitle Bahasa Inggris Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 1–6, 2020.
Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 103–14.
Uno, Hamzah B, and Nurdin Mohamad. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Bumi Aksara, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rochimul Umam, Agung Setiyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.