Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 2 Pontang

Authors

  • Irfan Anshori Universitas Serang Raya
  • Alvi SA Putri STKIP Mutiara Banten
  • Ainul Qonitah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52431/murobbi.v8i2.3149

Keywords:

Model Pembelajaran, Artikulasi, Hasil Belajar

Abstract

This research aims  to measure the use of the articulation learning model on student learning outcomes at SMP Negeri 2 Pontang. This research method uses quantitative methods; using a descriptive approach. The research results explain that the articulation learning model helps teachers in the learning process. The stages of this learning model are very systematic; starting from delivering the material to delivering the material; Benefits of using articulation models; produce students who are independent, dare to appear independent. The advantages of the articulation learning model; all students are involved, train student readiness, train student understanding and increase student participation. Lack of model articulation; requires a lot of time, is suitable for certain materials, the material obtained is small. Analysis of the Articulation Model on Learning Outcomes shows that the coefficient index rxy = 0.44 is between (0.40-0.70). This means that the Articulation Model and learning outcomes have a moderate correlation. The results of the significance test show that tcount = 4.4389 > ttable = 9.48. This means there is a significant positive correlation between the articulation model and learning outcomes. The contribution of the articulation model to learning outcomes is 20.22%.

Tujuan penelitian ini untuk mengukur penggunaan model pembelajaran artikulasi pada hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Pontang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif; dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa model pembelajaran artikulasi membantu guru dalam proses belajar. Tahapan model pembelaajran ini sangat sistematis; mulai dari penyampaian materi hingga penyimpulan materi; Manfaat penggunaan model artikulasi; menghasilkan siswa yang mandiri, berani tampil mandiri. Kelebihan model pembelajaran artikulasi; semua siswa terlibat, melatih kesiapan siswa, melatih daya serap pemahaman siswa dan meningkatkan partisipasi siswa. Kekurangan model artikulasi; membutuhkan waktu yang banyak, cocok untuk materi tertentu, materi yang didapat sedikit. Analisis Model Artikulasi pada Hasil Belajar menunjukan indeks koefesien rxy = 0,44 berada antara (0,40-0,70). Ini berati Model Artikulasi   dengan hasil belajar terdapat korelasi yang sedang. Hasil uji signifikansi diketahui bahwa thitung = 4,4389 > ttabel = 9,48. Ini berati terdapat korelasi positif yang signifikan antara model artikulasi dengan hasil belajar. Kontribusi model artikulasi pada hasil belajar adalah 20,22%.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, I., & Mitra, O. “Permasalahan Pendidikan Islam Di Lembaga Pendidikan Madrasah.” Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 21, no. 01 (2021): 32–45.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. “Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian.” Pilar 14, no. 1 (2023): 15–31.

Anshori, I., Setiaji, H., & Anita, S. “Penggunaan Metode Pembelajaran Inovatif Melalui Strategi Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6, no. 3 (2023): 224–35.

Astari, W. M., Nufus, H., Mutaqin, Z., Winata, A., & Waluyan, R. M. “Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa IX SMP Islam Aswaja Syamsul Falah.” Jurnal Ilmiah Telaah 9, no. 2 (2024): 153–63.

Awwaliyah, F. A., & Arcana, I. M. “Pembentukan Indeks Mutu Pendidikan (Imp) Di Indonesia Tahun 2018 Dan Faktor Yang Memengaruhinya.” In Seminar Nasional Official Statistics 20, no. 01 (2020): 385–96.

El-Yunusi, M. Y. M., Mansur, M., Mahmud, A., & Hadi, S. “Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di SMP Darul Maarif Sampang.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (2023): 182–95.

Fauhah, H., & Rosy, B. “Analisis Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2021): 321–34.

Heriyanto, T., Ismail, I., & Muadin, A. “Strategi Efektif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 9, no. 1 (2024): 22–30.

Kurnia, A., Susanti, S., & Mangkuwibawa, H. “Hubungan Antara Aktivitas Bermain Peran Dengan Kecerdasan Emosional Anak.” Jurnal Golden Age 5, no. 01 (2021): 14–22.

Mardian, A., & Nurfiana, W. “Menuntut Ilmu: Kewajiban Universal Muslim Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW.” IQRA: Jurnal Magister Pendidikan Islam 4, no. 1 (2024): 98–109.

Pebriana, U., Ekowati, D. W. W., & Fantiro, F. A. “Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 5, no. 2 (2017): 766–72.

Purba, Y. E., Sinaga, R., Ana, J., & Tanjung, D. S. “Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar DI KELAS V SD Negeri 060935 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2021/2022.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 5 (2022): 1420–29.

Ratnasari, D., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. “Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea Tahun Ajaran 2020/2021.” Renjana Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2022): 39–45.

Salamah, I. S., Wiguna, A. C., Oktari, D., & Tobing, J. A. D. E. “Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8, no. 2 (2022): 2045–57.

Saputra, A., Sumbawati, M. S., & Ismayati, E. “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Bagi Siswa Smk Negeri 7 Surabaya.” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika) 9, no. 3 (2024): 1556–65.

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Fau, Y. T. V., Bago, A. S., ... & Novialdi, A. “Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 3 (2022): 2045–52.

Sermatang, M. “Implementasi Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Selaru Kabupaten Maluku Tenggara Barat.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 3, no. 1 (2018): 34–45.

Syelviani, M. “Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Mencapai Efektivitas Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen UNISI).” Jurnal Analisis Manajemen 6, no. 1 (2020): 66–75.

Trisiana, A. “Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 10, no. 2 (2020): 31–41.

Tuerah, P. R., Mokoagow, R. R., Ansyu, S., & Mesra, R. “Faktor-Faktor Yang Menghambat Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Timbukar Tahun Ajaran 2022/2023.” JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 8, no. 2 (2023): 412–17.

Uzer, Y. V. “Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Kemampuan Menulis Pada SMP Negeri 2 Palembang.” Jurnal Sitakara 5, no. 1 (2020): 48–59.

Downloads

Published

2024-09-22

How to Cite

Anshori, I., SA Putri, A. ., & Qonitah, A. . (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 2 Pontang . Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 264–277. https://doi.org/10.52431/murobbi.v8i2.3149

Issue

Section

Artikel