PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA BUDI UTOMO PERAK
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i2.1881Keywords:
Discipline character, character education, Islamic religious education.Abstract
Discipline character is a fundamental value that builds personality. Discipline character education in Indonesia has become a necessity that cannot be avoided. Reviewing the National Education System Law in Indonesia, education is a process to produce graduates who are noble, professional in the field of science and technology and able to adapt in society. This study aims to identify; (1) the formation of the character of student discipline through learning Islamic religious education at SMA Budi Utomo Perak (2) the problems and their solutions. This research was conducted at SMA Budi Utomo Perak where this school upholds the values ??of the character of the religious profession, excellence, solidarity, trustworthiness, virtue, skill and independence in its vision. Researchers use qualitative research as a method. The research subjects were vice principals for curriculum, Islamic religious education teachers, and several students. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the teaching of disciplinary character through Islamic religious education is quite effective starting from teaching planning, implementing the teaching process, and teaching evaluation.
Downloads
References
Ainiyah, Nur. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam). Vol. 13 No.1. 2013.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia Cet. XI. Jakarta: Balai Pustaka, 2010.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2006),
Dalmeri. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character. Al-Ulum. Vol. 14 No. 1. 2014.
Elihami E., Syahid A. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Jurnal Edumaspul, 2 (1), Februari 2018.
Fatmah, Nirra. Pembentukan karakter dalam pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman .Vol.29 no 2 Juli-Des. 2018.
Hamzah, Miftah,. Dan Mustofik. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI di SMK Hasanah Pekanbaru. Jurnal Al-Thariqah Vol. 1, No. 1, Juni 2016.
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter di Indonesia, (Bandung: Alfabeta, 2014).
Hikmasari, et al. Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), Vol.6, No.1, July-December 2021.
Kemendiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa .Jakarta: Puskur, 2010.
Layyinah, Leni. Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach. Tarbawy, Vol. 4, Nomor 1. 2017.
Muhammad. Pendidikan Karakter Landasan Pilar & Implementasi, Jakarta: Prenada Media Group. 2014.
Muhibah, Siti., Maisaroh, Ima. Mengembangkan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Islam Tirtayasa Kota Serang. Jurnal Pendidikan Karakter “JAWARA” (JPKJ). Vol.7 No.2 Des. 2021.
Nasrullah. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam. Salam .Vol. 18 No. 1. Malang. 2015.
Nurla, Isna Aunillah, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Laksana, 2011).
Permendiknas No 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah.
Ratnasari., Dyah, Yovita., dan Sholihah, Maratus. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sosial Dalam Bermasyarakat. Falasifa. Vol. 11 No. 2 Sep 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011.
Sri Budiani, Sudarmin & Rodia Syamwil. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. IJCET Vol.6 No.1. 2017.
Usman, Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat pers. 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahyudi Wahyudi, Khoirun Nisa’, Fahmi Fachrurrozie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.