MENGEMBANGKAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PENGUATAN MATERI AJAR PADA MATA PELAJARAN PAI
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i2.1854Abstract
The purpose of this study is to discuss the strengthening of PAI teaching materials in developing students' social media ethics in the realm of moral ethics and social ethics. Library research becomes a type of research. The results show that the subject of Islamic Religious Education (PAI) with a series of subjects or content of teaching materials, can be a solution to fortify students and be able to develop social media ethics in the realm of moral ethics and social ethics for each. The efforts or ways that can be done are through strengthening PAI teaching materials with the following steps: first, integrating PAI teaching materials with phenomena that occur on social media. second, the development of PAI materials and curriculum. third, strengthening with orientation in the form of character education and fourth, evaluations that are carried out regularly. So that the final results obtained will make students better understand how to interact with fellow social media users while still applying the content of the material.
Downloads
References
Akhtar, Hanif. “Perilaku Oversharing Di Media Sosial: Ancaman Atau Peluang?” Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi 25, no. 2 (31 Juli 2020): 257–70. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss2.art7.
Andiarna, Funsu, Linda Prasetyaning Widayanti, Irul Hidayati, dan Eva Agustina. “Analisis Penggunaan Media Sosial Terhadap Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa.” Profesi (Profesional Islam)?: Media Publikasi Penelitian 17, no. 2 (1 Maret 2020): 37–42. https://doi.org/10.26576/profesi.v17i2.26.
“Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21 - Dr. Fauzan, M.A., Fatkhul Arifin, M.Pd. - Google Buku.” Diakses 16 Juni 2023. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=q0x1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA72&dq=Pendidikan+Agama+Islam+(PAI)+telah+menjadi+salah+satu+pionir+utama+dan+berperan+sangat+penting+untuk+mencetak+pribadi+peserta+didik+ke+arah+yang+lebih+baik,+mengingat+pokok+bahasan+atau+muatan+materinya+memiliki+cakupan+yang+terdi&ots=UeytqJc5S1&sig=IL1-DJIxhrjbdLJuSFJaLONFEGs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
Halimah, Siti. “MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS IRSYADUL ISLAMIYAH ROKAN HILIR.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (24 Juni 2020). https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i1.3841.
Hamdanah, Dr Hj, M Ag, M Redha Anshari, Endah Mustika Pertiwi, dan Linda Wirda Sari. “PEMBINAAN TOLERANSI DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM,” t.t.
Hardiono, Hardiono. “SUMBER ETIKA DALAM ISLAM.” JURNAL AL-AQIDAH 12, no. 2 (31 Desember 2020): 26–36. https://doi.org/10.15548/ja.v12i2.2270.
Hidayah, Miftachul, dan Soemedi Hadiyanto. “KAJIAN INTERAKSI DAN PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI IAIN TULUNGAGUNG” 6 (2021).
Hidayat, Tatang, dan Abas Asyafah. “KONSEP DASAR EVALUASI DAN IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (29 Mei 2019): 159–81. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729.
Hikmawati, Sholihatul Atik. “Pendekatan Dan Model-Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Pada Madrasah/Sekolah Di Indonesia.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (15 Desember 2019): 203–18.
Huriyudin, Huriyudin. “Paradigma Keagamaan Dosen Pendidikan Agama Islam Di Universitas Tirtayasa Banten.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 3 (16 Desember 2021): 236–52. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1159.
Insani, Farah Dina. “SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA SEJAK AWAL KEMERDEKAAN HINGGA SAAT INI.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8, no. 1 (28 Juni 2019): 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132.
Istiyani, Alifatul Azizah, Ahmad Shofiyuddin Ichsan, dan Samsudin. “PEMBELAJARAN ASWAJA SEBAGAI BASIS KEKUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI MI MA’ARIF SAMBENG BANTUL YOGYAKARTA.” TARBIYA ISLAMIA?: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 11, no. no 1 (21 Mei 2021): 36–53.
Jassin, Siti Nur Adwiyah. “Pengembangan Kurikulum Inovatif Dan Penerapan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Ar-Risalah 1, no. 1 (1 Desember 2022): 44–56.
Karimah, Nur Rizqiyah Al. “POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ISLAM INKLUSIF-MULTIKULTURAL.” Jurnal Pustaka Komunikasi 3, no. 1 (28 Maret 2020): 135–47. https://doi.org/10.32509/pustakom.v3i1.1014.
Karmawan, Siti Munawati, Ainul Azhari, Ariesta Setyawati, Siti Nurislamiah, dan Ahmad Haromaini. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Insania, 2021.
Khosiin, Khamam. Pendidikan Islam: Dinamika dan Tantangan Masa Depan. Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans), 2021.
Kurniawan, Hendra. “INFOGRAFIK SEJARAH DALAM MEDIA SOSIAL: TREN PENDIDIKAN SEJARAH PUBLIK.” Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya 14, no. 2 (31 Desember 2020): 1–13. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p1-13.
M.A, Dr Fauzan, dan Fatkhul Arifin M.Pd. Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Prenada Media, 2022.
Makhmudah, Siti. MEDSOS DAN DAMPAKNYA PADA PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA. GUEPEDIA, t.t.
“Maraknya Kasus Cyberbullying di Media Sosial.” Diakses 16 Juni 2023. https://seru.co.id/91673-maraknya-kasus-cyberbullying-di-media-sosial.
M.Pd.I, Dr Rahmat. INOVASI PEMBELAJARAN PAI REORIENTASI TEORI APLIKATIF IMPLEMENTATIF. CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.
Novita, Novita Nur Inayha. “Penguatan Etika Digital Melalui Materi ‘Adab Menggunakan Media Sosial’ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0.” Journal of Education and Learning Sciences 3, no. 1 (31 Maret 2023): 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45.
Nurliana, Nurliana, Askar Askar, dan Rustina Rustina. “Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Sikap Religius Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala.” Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0 1 (10 Juli 2022): 15–20.
“Penanaman Religious Culture(Budaya Religius) di Lingkungan Madrasah - Harits Azmi Zanki , S.Pd., M.Pd. - Google Buku.” Diakses 16 Juni 2023. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=IdQeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pembelajaran+PAI+bertujuan+untuk+mencetak+peserta+didik+agar+memiliki+akhlak+dan+budi+pekerti+sejalan+dengan+norma-norma+yang+berlaku+di+masyarakat+atau+dengan+kata+lain+mampu+berkompeten+dari+segi+religiusitas+maupun+rasa+nasionalisme.+&ots=pF4kTo_lnX&sig=LS7wsxXBIaV2hHzoWdz-C8ECltE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
“Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0 | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,” 24 November 2021. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/329.
“Penyebab Tawuran karena Media Sosial, Pelajar di Karawang Diajak Belajar Internet Baik - Tribunjabar.id.” Diakses 16 Juni 2023. https://jabar.tribunnews.com/2023/02/14/penyebab-tawuran-karena-media-sosial-pelajar-di-karawang-diajak-belajar-internet-baik.
Rahmadhany, Anissa, Anggi Aldila Safitri, dan Irwansyah Irwansyah. “Fenomena Penyebaran Hoax Dan Hate Speech Pada Media Sosial.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3, no. 1 (31 Januari 2021): 30–43. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182.
Ridho, Alfie, Arina Denggan Munthe, Dimas Andika Shaputra, Indah Wahyuni, Lutfhia Farhana Putri Lubis, Nursiti Maysarah, dan Inom Nasution. “Analisis Evaluasi Program Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 2, no. 2 (25 Mei 2023): 211–21. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1516.
Rohmah, Hidayatur. “Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 4 Metro.” Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 4, no. 01 (8 Juli 2019): 98. https://doi.org/10.32332/riayah.v4i01.1510.
Sihombing, Yasrida Yanti. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring pada Siswa.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6, no. 2 (24 Juli 2021): 187. https://doi.org/10.29210/30031124000.
Solihin, Rahmat. “Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Ibriez?: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 5, no. 1 (30 Juni 2020): 83–96. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.92.
Taherong, Rosmawati, Samsaifil Samsaifil, dan Indri Hasnawati Wally. “KEKERASAN SIMBOLIK VERBAL PADA LINGKUNGAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 3 BAUBAU.” JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) 5, no. 1 (10 September 2021): 9–16.
Tanamal, Nini Adelia. “Religiusitas Mahasiswa Milenial Dalam Penerapan Ahlak Dan Etika Di Era Digital.” JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan 1, no. 2 (30 Juni 2022). https://doi.org/10.30998/.v1i2.1018.
Taufik, Ahmad. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” El-Ghiroh?: Jurnal Studi Keislaman 17, no. 02 (30 September 2019): 81–102. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.106.
Usriati, Usriati, dan M. Misbah. “Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Melalui Metode Daring Dengan Model Pedagogis Kontruktivistik Di Masa Pandemi.” Jurnal Kependidikan 9, no. 1 (28 Mei 2021): 10–32. https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.5261.
Zonyfar, Candra, Maharina Maharina, Sihabudin Sihabudin, dan Khusaeri Ahmad. “LITERASI DIGITAL: PENGUATAN ETIKA DAN INTERAKSI SISWA DI MEDIA SOSIAL.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6, no. 2 (16 April 2022): 1426–34. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7274.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sayid Ahmad Ramadhan, Zainap Hartati, Muslimah Muslimah, Noor Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.