Pengembangan Buku Ajar Kitab Pegon Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kelas 2 MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i2.3920Keywords:
Pego, Buku Ajar, Keterampilan MenulisAbstract
Pendidikan memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi diri siswa agar menjadi pribadi yang berilmu, berpengetahuan luas, dan mampu memahami ilmu yang diajarakan. Dalam islam, tujuan utama pendidikan adalah untuk meraih ridha allah swt, yang hanya dapat dicapai dengan mamahami ajarannya melalui al-qur’an dan hadits, keduanya berbahasa arab. Untuk itu diperlukan pengenalan terhadap aksara arab sejak dini. Di MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang, siswa kelas 2 mempelajari pegon menggunakan kitab yang dibuat dari madrasah. Setelah melakukan pra review dengan wawancara kepada guru mata pelajaran pego yakni Ibu Maulidatus Sholichah, S.Pd. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menyambung huruf pegon, terutama dalam membedakan huruf yang dapat disambung dan yang tidak. Pembelajaran yang digunakan guru masih terbatas pada metode ceramah, dimana materi hanya dituliskan di papan tulis dan kemudian disalin siswa ke buku, sehingga kurang mendukung pemahaman visual dan praktik langsung. Bahan ajar yang telah dipakai saat ini adalah kitab pegon yang kurang lengkap dan monoton dikembangkan menjadi buku pembelajaran pego yang cukup memudahkan siswa dalam memahami mana huruf yang bisa disambung dan akan meningkatkan peunlisannya juga dan disertai dengan gambar yang menarik minat siswa untuk membacanya. Terdapat tiga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pengembangan Buku Ajar Kitab Pegon dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas 2 MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang? 2. Apakah Buku Ajar Kitab Pegon ini dapat memenuhi kebutuhan siswa kelas 2 MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang? 3. Bagaimana respon siswa sebelum dan sesudah menggunakan Buku Ajar pegon dalam meningkatkan keterampilan menulis pegon? Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development atau disebut dengan (R&D). instrumen pengumpulan data disini peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Pengembangan buku pegon dilakukan melalui analisis kebutuhan, penyusunan materi yang sesuai kemampuan, serta pembuatan latihan menulis secara bertahap. Buku ini disusun agarmudah dipahami oleh siswa kelas 2 dan membntu mereka lebih terarah dalam belajar menulis huruf pegon. 2. Buku ajar ini dirancang sesuai dengan karakteristik siswa kelas 2. Penyajian materi yang sederhana, visual menarik, dan soal-soal yang bervariasi menjadikan siswa lebih mudah memahami isi buku dan lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran. 3. Sebelum buku digunakan, siswa tampak kurang aktif dan mengalami kesulitan menulis pegon. Setelah penerapan buku, terjadi peningkatan antusiasme dan kepercayaan diri siswa, serta peningkatan hasil belajar dari rata-rata 68,3% menjadi 88,5%.
Downloads
References
Nahdliyin, Choirun. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Arab Pegon dengan Pendekatan Taujih, Taqlid, Tadrib untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an dan Kitab Kuning di MI Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan”. Pascasarjana program studi magister pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.
Sholichah, Maulidatus. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Kitab Tahaji untuk Meningkatkan Tahsinul Kitabah Kelas 2 MI Kebokicak”. Skripsi program sarjana, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, institut agama islam bani fattah (IAIBAFA).
Nasrul Wathon. Muhammad. Dkk. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Kitab Tahaji untuk Meningkatkan Tahsinul Kitabah kelas 2 Mi Kebokicak Dapurekajambon Jombang”. Abnauna: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 03 No. 1.
Risal. Zef. Dkk. 2022. “Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) Konsep, Teori-Teori, dan Desain penelitian”. (Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi).
Maulana, Syahid. Ibrahim. Dkk. 2024. “Model ADDIE dan ASSURE dalam Pengembangan Media Pembelajaran”. Journal Of International Multidisciplinary Research. Vol. 2. No. 5.
Hari, Rayanto. Yudi, Sugianti. 2020. “Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek”. (pasuruan: Academic & Research Institut).
Putri, Hanifah. Desty. Supadmi. Dkk. 2023. “Teori dan Prinsip Pengembangan Media pembelajaran”. (Sukoharjo: Pradina Pustaka).
Yusuf. Farida. 2022. “Paradigma Filsafat Pendidikan Vokasi pada Bidang Keilmuan Sistem Informasi (Tinjauan Filsafat Ilmu dan Rekonstruksi Teori)”. (Sulawesi Selatan: CV. Ruang Tentor).
Farida. Durotul.2023. “Pengembangan Bahan Ajar Kitab Nahwu Al- Jurumiyah dengan Metode Bernyanyi pada Siswa MI Al-Anwar Cangkring Randu Jombang”, skripsi program sarjana. Fakultas tarbiyah dan keguruan. Jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ana Mufarikha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.