FORMULASI STRATEGI MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGORO JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i2.1258Keywords:
Strategic Management, Strategy Formulation, SWOTAbstract
ABSTRACT: Research on the formulation of Al-Qur'an learning strategies needs to be done. The findings obtained can be used as the basis for implementing the formulation strategy to increase the competitiveness of Islamic educational institutions. This study aims to describe the formulation of Al-Qur'an learning strategies at MI Islamiyah Ngoro Jombang which is focused on two research focuses, namely: (1) Analysis of the position of Al-Qur'an learning in the SWOT quadrant. (2) Determination of strategies in the development of Al-Qur'an learning to increase the competitiveness of madrasas. TPQ Al-Ichsany is part of the business unit strategy managed by MI Islamiyah Ngoro Jombang to serve the learning of the Qur'an. Analysis of the total IFAS score for strength is 2.38 and weakness is 1.96. The EFAS score for opportunity is 2.52 and threat is 1.6. The position of learning the Qur'an at MI Islamiyah Ngoro Jombang is in Quadrant I (+,+). Learning the Qur'an is in a prime and steady condition. The strategy formulation applied is to support an aggressive growth policy (growth oriented strategy). Intensive strategies by conducting market penetration and market development are strategies to expand, increase growth, and seize opportunities to the fullest for the advancement of sustainable Al-Qur'an education.
Keywords: Strategic Management, Strategy Formulation, SWOT
ABSTRAK: Penelitian tentang formulasi strategi pembelajaran Al-Qur’an perlu dilakukan. Temuan yang diperoleh dapat menjadi dasar penerapan strategi formulasi untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan formulasi strategi pembelajaran Al-Qur’an di MI Islamiyah Ngoro Jombang yang difokuskan pada dua fokus penelitian yakni: (1) Analisis posisi pembelajaran Al-Qur’an pada kuadran SWOT. (2) Penentuan strategi dalam pengembangan pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan daya saing madrasah. TPQ Al-Ichsany merupakan bagian dari strategi unit bisnis (business unit strategy) yang dikelola MI Islamiyah Ngoro Jombang untuk melayani pembelajaran Al-Qur’an. Analisis total skor IFAS untuk kekuatan adalah 2,38 dan kelemahan 1,96. Skor EFAS untuk peluang adalah 2,52 dan ancaman 1,6. Posisi pembelajaran Al-Qur’an di MI Islamiyah Ngoro Jombang berada pada Kuadran I (+,+). Pembelajaran Al-Qur’an sedang berada dalam kondisi yang prima dan mantap. Formulasi strategi yang diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Strategi intensif (intensive strategies) dengan melakukan penetrasi pasar (market penetration) dan pengembangan pasar (market development) menjadi strategi untuk melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan, dan meraih peluang secara maksimal demi kemajuan pendidikan Al-Qur’an yang berkelanjutan.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Formulasi Strategi, SWOT
Downloads
References
Adilah, Hilya Gania. thesis, Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2020.
Aji, Nunung Bayu. Analisis SWOT Daya Saing Sekolah: Studi Kasus di SMA Swasta di Kota Tangerang. OperationsExcellence, 2018, 10 (1), 65-73.
Akdon. Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta, 2006.
Badan Pusat Statistik, Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Bawah Kementerian Agama Menurut Provinsi Tahun Ajaran 2011/2012-2015/2016, Update Terakhir: 23 Nov 2017, https://www.bps.go.id/statictable/2015/09/10/1811/jumlah-sekolah-guru-dan-murid-madrasah-ibtidaiyah-mi-di-bawah-kementrian-agama-menurut-provinsi-2011-2012-2015-2016.html, diakses 17 Oktober 2022.
C. A., De Kluyver & Pearce II, J. A. Strategy: a View From the Top, 3 ed. New Jersey: Pearson Education, Inc, 2006.
David, Fred R. and Forest R. David. Strategic Management Concepts and Cases, 15th Edition. London: Pearson Education Limited, 2015.
__________. Strategic Management: Concepts and Cases, 13th ed. New Jersey: Pearson Education, 2011.
Dzulfikar, Luthfi T. Manajemen Sekolah adalah Kunci Sukses Siswa, tapi Kualitas Kepala Sekolah di Indonesia Meragukan, https://theconversation.com/manajemen-sekolah-adalah-kunci-sukses-siswa-tapi-kualitas-kepala-sekolah-di-indonesia-meragukan-129626, diakses 17 Oktober 2022.
Fadhli, Muhammad. Implementasi Manajemen Strategik dalam Lembaga Pendidikan. Journal Continuous Education Volume 1, Issue 1, November 2020.
Fitri, Agus Zainul. Manajemen Mutu dan Organisasi di Perguruan Tinggi. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press, 2013.
_________, Binti Nasukah, Azmil Tayeb. Strategic Planning Model of Islamic Religious Higher Education (PTKI) in Indonesia, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2, December 2019.
Hazzan, Orit et.al. Application of Management Theories for STEM Education: The Case of SWOT Analysis. Gewerbestrasse: SpringerBriefs in Education, 2018.
Kholil, Ahmad Nurdin dan Syarief Fajaruddin. Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 8, No. 1, 2020.
Kholis, Nur. Manajemen Strategi Pendidikan: Formulasi, Implementasi dan Pengawasan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2014.
Kotler dan Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi Ke-13 Jilid I. Jakarta: Erlangga, 2009.
Medina, Maria Jose Lattore, Francisco Javier Blanco, Strategic Management as Key to Improve the Quality of Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28 June 2013.
Pearce, J. A. & Robinson, R. B., Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Rahim, Abd. Rahman dan Enny Radjab. Manajemen Strategi. Makasar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2017.
Siagian, Sondang P. Manajemen Strategik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000.
Stukalina. The Management of Integrated Educational Environment Resources: the Factors to be Considered. European Journal of Education, 2010, 45 (2), 345–361. https://doi.org/10.1111/j.1465-3435.2010.01433
Thomas L., Wheelen dan David Hunger J. Strategic Management and Bussiness Policy, Fourth Edition New York: Addison Wesley Publishing Company, 2000.
Tholkhah, Imam. Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah; Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Madiun. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 14, Nomor 2, Agustus 2016.
Wheeler, Christopher W. et al., School Clusters in Thailand: a Management Strategy for Improving Primary School Quality, International Journal of Educational Research, Volume 17, 199-218.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ach. Saifullah, Agus Zainul Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.