Mengembangkan Pemikiran Kritis Melalui Filsafat Ilmu Dalam Pendidikan Bahasa Arab

Authors

  • Muhammad Hadriq Ainur Rizqi Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • M. Yunus Abu Bakar Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i1.3535

Keywords:

Filsafat ilmu, pendidikan bahasa Arab, pemikiran kritis

Abstract

Artikel ini mengkaji peran filsafat ilmu dalam pendidikan bahasa Arab, dengan fokus pada pembentukan pemikiran kritis siswa. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, kemampuan berpikir kritis menjadi semakin penting. Filsafat ilmu memberikan kerangka teoretis yang membantu siswa memahami pengetahuan dan metodologi berpikir. Melalui integrasi filsafat ilmiah dalam kurikulum, siswa didorong untuk tidak hanya menerima informasi, tetapi juga menganalisis dan mengevaluasi sumber-sumber yang ada. Pendekatan ini mencakup diskusi kelompok, proyek kolaboratif, dan analisis teks sastra, yang semuanya berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Artikel ini juga membahas relevansi keterampilan abad 21, seperti kolaborasi, kreativitas, dan literasi digital, dalam konteks pendidikan bahasa Arab. Dengan demikian, integrasi filsafat ilmu dalam pembelajaran bahasa Arab diharapkan dapat menghasilkan individu yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsar, S. (2020). Filsafat Ilmu dalam Pendidikan: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Ali, M. (2021). Ethics of Communication in Arabic Language Learning. International Journal of Language Studies.

Alharbi, A. (2020). The Role of Philosophy of Science in Language Learning. Journal of Language Teaching and Research.

Alharthy, M. (2021). Critical Thinking in Arabic Language Education. International Journal of Educational Research.

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School.

Bunge, M. (1998). Philosophy of Science. New York: Springer.

Ennis, R. H. (1987). A Taxonomy of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Teaching Philosophy.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. The Delphi Report.

Feyerabend, P. (1975). Against Method. London: New Left Books.

Fisher, D., & Frey, N. (2014). Building Academic Vocabulary: Teacher's Manual.

Harris, J., Smith, R., & Jones, T. (2019). Critical Thinking in Language Education. Journal of Educational Philosophy.

Hassan, R. (2020). Enhancing Communication Skills through Language Learning. Journal of Linguistic Studies.

Halpern, D. F. (1998). Teaching Critical Thinking for Transfer Across Domains: Dispositions, Skills, Structure Training, and Metacognitive Monitoring. American Psychologist.

Jabbar, M. (2023). Collaborative Learning in Language Education. Language and Culture Studies.

Khan, A. (2023). Digital Literacy in Language Acquisition. Journal of Educational Technology.

Kuhn, T. S. (1962). The Structure of Scientific Revolutions. Chicago: University of Chicago Press.

Lakatos, I. (1970). Falsification and the Methodology of Scientific Research Programmes. In I. Lakatos & A. Musgrave (Eds.), Criticism and the Growth of Knowledge. Cambridge University Press.

M. Yunus Abu Bakar. (2024). Studi Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Naquib Al-Attas. Sindoro Cendekia Pendidikan.

Noverini, D. (2019). Filsafat Ilmu dan Kearifan Lokal. Jurnal Filsafat.

Popper, K. (1959). The Logic of Scientific Discovery. London: Hutchinson.

Rifa Hanifa Mardhiyah, dkk. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan.

Rizvi, S. (2022). Creativity in Language Learning: A Philosophical Approach. Language Learning Journal.

Roby Firmandil Diharjo, Budijanto, dan Dwiyono Hari Utomo. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs.

Rusdi. (2015). Filsafat Pembelajaran Bahasa Arab Dan Realitas Sosial Perspektif Al- Quran. Potensia.

Sampiril Taurus Tamaji. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab.

Smith, R., & Jones, T. (2020). Collaborative Learning in Language Education. Journal of Collaborative Education.

Wang, L. (2022). Creativity in Language Learning: A Philosophical Perspective. Educational Philosophy and Theory.

Downloads

Published

2025-03-03

How to Cite

Rizqi, M. H. A., & Abu Bakar, M. Y. (2025). Mengembangkan Pemikiran Kritis Melalui Filsafat Ilmu Dalam Pendidikan Bahasa Arab. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 16–32. https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i1.3535

Issue

Section

Artikel