Mengembangkan Pemikiran Kritis Melalui Filsafat Ilmu Dalam Pendidikan Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v9i1.3535Keywords:
Filsafat ilmu, pendidikan bahasa Arab, pemikiran kritisAbstract
Artikel ini mengkaji peran filsafat ilmu dalam pendidikan bahasa Arab, dengan fokus pada pembentukan pemikiran kritis siswa. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, kemampuan berpikir kritis menjadi semakin penting. Filsafat ilmu memberikan kerangka teoretis yang membantu siswa memahami pengetahuan dan metodologi berpikir. Melalui integrasi filsafat ilmiah dalam kurikulum, siswa didorong untuk tidak hanya menerima informasi, tetapi juga menganalisis dan mengevaluasi sumber-sumber yang ada. Pendekatan ini mencakup diskusi kelompok, proyek kolaboratif, dan analisis teks sastra, yang semuanya berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Artikel ini juga membahas relevansi keterampilan abad 21, seperti kolaborasi, kreativitas, dan literasi digital, dalam konteks pendidikan bahasa Arab. Dengan demikian, integrasi filsafat ilmu dalam pembelajaran bahasa Arab diharapkan dapat menghasilkan individu yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.
Downloads
References
Afsar, S. (2020). Filsafat Ilmu dalam Pendidikan: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Ali, M. (2021). Ethics of Communication in Arabic Language Learning. International Journal of Language Studies.
Alharbi, A. (2020). The Role of Philosophy of Science in Language Learning. Journal of Language Teaching and Research.
Alharthy, M. (2021). Critical Thinking in Arabic Language Education. International Journal of Educational Research.
Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School.
Bunge, M. (1998). Philosophy of Science. New York: Springer.
Ennis, R. H. (1987). A Taxonomy of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Teaching Philosophy.
Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. The Delphi Report.
Feyerabend, P. (1975). Against Method. London: New Left Books.
Fisher, D., & Frey, N. (2014). Building Academic Vocabulary: Teacher's Manual.
Harris, J., Smith, R., & Jones, T. (2019). Critical Thinking in Language Education. Journal of Educational Philosophy.
Hassan, R. (2020). Enhancing Communication Skills through Language Learning. Journal of Linguistic Studies.
Halpern, D. F. (1998). Teaching Critical Thinking for Transfer Across Domains: Dispositions, Skills, Structure Training, and Metacognitive Monitoring. American Psychologist.
Jabbar, M. (2023). Collaborative Learning in Language Education. Language and Culture Studies.
Khan, A. (2023). Digital Literacy in Language Acquisition. Journal of Educational Technology.
Kuhn, T. S. (1962). The Structure of Scientific Revolutions. Chicago: University of Chicago Press.
Lakatos, I. (1970). Falsification and the Methodology of Scientific Research Programmes. In I. Lakatos & A. Musgrave (Eds.), Criticism and the Growth of Knowledge. Cambridge University Press.
M. Yunus Abu Bakar. (2024). Studi Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Naquib Al-Attas. Sindoro Cendekia Pendidikan.
Noverini, D. (2019). Filsafat Ilmu dan Kearifan Lokal. Jurnal Filsafat.
Popper, K. (1959). The Logic of Scientific Discovery. London: Hutchinson.
Rifa Hanifa Mardhiyah, dkk. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan.
Rizvi, S. (2022). Creativity in Language Learning: A Philosophical Approach. Language Learning Journal.
Roby Firmandil Diharjo, Budijanto, dan Dwiyono Hari Utomo. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs.
Rusdi. (2015). Filsafat Pembelajaran Bahasa Arab Dan Realitas Sosial Perspektif Al- Quran. Potensia.
Sampiril Taurus Tamaji. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab.
Smith, R., & Jones, T. (2020). Collaborative Learning in Language Education. Journal of Collaborative Education.
Wang, L. (2022). Creativity in Language Learning: A Philosophical Perspective. Educational Philosophy and Theory.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Hadriq Ainur Rizqi, M. Yunus Abu Bakar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.