Analisis Penanaman Karakter dalam Pembelajaran Matematika di SD

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Darsinah Darsinah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anatri Desstya Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.52431/murobbi.v8i1.2132

Keywords:

Character, Elementary School, Mathematics

Abstract

Abstract: This research aims to analyze the character values ​​instilled in mathematics learning activities in elementary school. This research includes qualitative descriptive research with a case study approach, which was carried out at SDN Somomorodukuh 2, Plupuh, Sragen. The subjects of this research were 9 students in class IV. The object of the research carried out is character cultivation in mathematics learning. In testing the validity of the data using triangulation techniques. Data collection uses observation, interviews and documentation methods. There are three steps in the research carried out, including: condensing data, presenting data, and drawing conclusions or verification.The results of the research show that there are 12 character values ​​contained in mathematics learning, including:disciplined, religious, love of the country, communicative,, likes to read, curious, responsible, hard working, independent, honest, democratic, appreciates achievement.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika, Nur Tri, Husni Wakhuyudin, and Khusnul Fajriyah. 2019. “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air.” Mimbar Ilmu 24 (1): 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467.

Citra Ningrum, Carolina Hidayah, Khusnul Fajriyah, and M. Arief Budiman. 2019. “Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi.” Indonesian Values and Character Education Journal 2 (2): 69. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436.

Darsinah, Alfauziah Rahmadani, Murfiah Dewi Wulandari. 2022. “Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar The Effect Of Parenting On Character Education Of Children In Elementary Schools.” Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 88–98.

Desstya, Anatri. n.d. 2015. Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Seminar Nasional PGSD UMS

Fahri Zulfikar. 2023. “Kasus Bullying Marak Terjadi, Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua Untuk Mencegahnya .” Detik.Com, October 10, 2023.

Fenny Anggreni. 2019. “Relevansi Pembelajaran Matematika Dengan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Materi Pecahan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI 3 (1): 10–18.

Frisiliawati, Cici. 2022. “Urgensi Pengetahuan Demokrasi Dalam Pembentukan Sikap Demokratis.” Jurnal Kajian Mahasiswa PPKn. Vol. 11.

Hakim, A.R. 2020. “Analisis Perbandingan Karakter Menghargai Prestasi Siswa Sekolah Menengah Atas.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 1 (13): 57–54.

Huda, A. K., Montessori, M., Miaz, Y., & Rifma, R. 2021. “Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Berbasis Nilai Religius Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (5): 4190–97.

Kurniawan. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Tuzz Media.

Labudasari, Erna, and Eliya Rochmah. 2019. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa Di SDN Kanggraksan Cirebon.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9 (1): 57. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254.

Laksana, Sigit Dwi. 2021. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 1 (01): 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289.

Maisyanah, Maisyanah, Nailusy Syafa’ah, and Siti Fatmawati. 2020. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, June, 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.328.

Marzuki, Ismail, and Lukmanul Hakim. 2019. “Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras.” Vol. 15.

Noviyanto, Roif. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Di Mi Mathla’ul Anwar Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamu .” UIN Raden Intan Lampung.

Nur Indah sari. 2017. “Matematika Dan AlQuran Untuk Membentuk Pendidikan Berkarakter Islami .” In Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 334–38. Lampung : Universitas Muhammadiyah Metro.

Nuril furkan. 2013. Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogjakarta: Magnum Pustaka Utama.

Nurmala, Ade, M. Dahlan R., and Ahmad Sobari. 2020. “Hubungan Pendidikan Dengan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Perspektif Guru.” Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 7 (1): 10. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a2.2020.

Puput Purwita Sari. 2018. “Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 7, no. 2 (2018): 205-217.

Sari, Sioratna Puspita, and Jessica Elfani Bermuli. 2021. “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7 (1): 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150.

Sri Lestari. 2020. Pengembangan Karakter ( Berbasis Budaya Sekolah). Semarang: CV Pilar Nusantara.

Sugiarto, Ahmad Pujo, Tri Suyati, and Padmi Dhyah Yulianti. 2019. “Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes.” Mimbar Ilmu 24 (2): 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279.

Vivi Larasati, Nyamik Rahayu Sesanti, and Yulianti. 2020. “Analisis Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Di SDN Sukun 2 Malang.” In Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 257–64.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, and dan Dasim Budimansyah. n.d.2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.”Jurnal Cakrawala Pendidikan 33, no.2

Downloads

Published

2024-03-02

How to Cite

Wahyuni, S., Darsinah, D., & Desstya, A. (2024). Analisis Penanaman Karakter dalam Pembelajaran Matematika di SD. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 59–75. https://doi.org/10.52431/murobbi.v8i1.2132

Issue

Section

Artikel