Analisis Penanaman Karakter dalam Pembelajaran Matematika di SD
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v8i1.2132Keywords:
Character, Elementary School, MathematicsAbstract
Abstract: This research aims to analyze the character values instilled in mathematics learning activities in elementary school. This research includes qualitative descriptive research with a case study approach, which was carried out at SDN Somomorodukuh 2, Plupuh, Sragen. The subjects of this research were 9 students in class IV. The object of the research carried out is character cultivation in mathematics learning. In testing the validity of the data using triangulation techniques. Data collection uses observation, interviews and documentation methods. There are three steps in the research carried out, including: condensing data, presenting data, and drawing conclusions or verification.The results of the research show that there are 12 character values contained in mathematics learning, including:disciplined, religious, love of the country, communicative,, likes to read, curious, responsible, hard working, independent, honest, democratic, appreciates achievement.
Downloads
References
Atika, Nur Tri, Husni Wakhuyudin, and Khusnul Fajriyah. 2019. “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air.” Mimbar Ilmu 24 (1): 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467.
Citra Ningrum, Carolina Hidayah, Khusnul Fajriyah, and M. Arief Budiman. 2019. “Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi.” Indonesian Values and Character Education Journal 2 (2): 69. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436.
Darsinah, Alfauziah Rahmadani, Murfiah Dewi Wulandari. 2022. “Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar The Effect Of Parenting On Character Education Of Children In Elementary Schools.” Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 88–98.
Desstya, Anatri. n.d. 2015. Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Seminar Nasional PGSD UMS
Fahri Zulfikar. 2023. “Kasus Bullying Marak Terjadi, Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua Untuk Mencegahnya .” Detik.Com, October 10, 2023.
Fenny Anggreni. 2019. “Relevansi Pembelajaran Matematika Dengan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Materi Pecahan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI 3 (1): 10–18.
Frisiliawati, Cici. 2022. “Urgensi Pengetahuan Demokrasi Dalam Pembentukan Sikap Demokratis.” Jurnal Kajian Mahasiswa PPKn. Vol. 11.
Hakim, A.R. 2020. “Analisis Perbandingan Karakter Menghargai Prestasi Siswa Sekolah Menengah Atas.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 1 (13): 57–54.
Huda, A. K., Montessori, M., Miaz, Y., & Rifma, R. 2021. “Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Berbasis Nilai Religius Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (5): 4190–97.
Kurniawan. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Tuzz Media.
Labudasari, Erna, and Eliya Rochmah. 2019. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa Di SDN Kanggraksan Cirebon.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9 (1): 57. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254.
Laksana, Sigit Dwi. 2021. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 1 (01): 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289.
Maisyanah, Maisyanah, Nailusy Syafa’ah, and Siti Fatmawati. 2020. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, June, 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.328.
Marzuki, Ismail, and Lukmanul Hakim. 2019. “Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras.” Vol. 15.
Noviyanto, Roif. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Di Mi Mathla’ul Anwar Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamu .” UIN Raden Intan Lampung.
Nur Indah sari. 2017. “Matematika Dan AlQuran Untuk Membentuk Pendidikan Berkarakter Islami .” In Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 334–38. Lampung : Universitas Muhammadiyah Metro.
Nuril furkan. 2013. Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogjakarta: Magnum Pustaka Utama.
Nurmala, Ade, M. Dahlan R., and Ahmad Sobari. 2020. “Hubungan Pendidikan Dengan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Perspektif Guru.” Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 7 (1): 10. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a2.2020.
Puput Purwita Sari. 2018. “Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 7, no. 2 (2018): 205-217.
Sari, Sioratna Puspita, and Jessica Elfani Bermuli. 2021. “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7 (1): 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150.
Sri Lestari. 2020. Pengembangan Karakter ( Berbasis Budaya Sekolah). Semarang: CV Pilar Nusantara.
Sugiarto, Ahmad Pujo, Tri Suyati, and Padmi Dhyah Yulianti. 2019. “Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes.” Mimbar Ilmu 24 (2): 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279.
Vivi Larasati, Nyamik Rahayu Sesanti, and Yulianti. 2020. “Analisis Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Di SDN Sukun 2 Malang.” In Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 257–64.
Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, and dan Dasim Budimansyah. n.d.2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.”Jurnal Cakrawala Pendidikan 33, no.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni, Darsinah Darsinah, Anatri Desstya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.